Luar Biasa! Vietnam Ukir Prestasi Lebih Tinggi dengan Lolos ke Final Piala Asia U-23

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 23 Januari 2018
Luar Biasa! Vietnam Ukir Prestasi Lebih Tinggi dengan Lolos ke Final Piala Asia U-23
Partai semifinal Piala Asia U-23 2018 antara Qatar Vs Vietnam. (24h.com.vn)

BolaSkor.com - Timnas Vietnam U-23 mengukir prestasi lebih tinggi di Piala Asia U-23 2018. Itu setelah memastikan lolos ke partai puncak atau final usai mengalahkan Qatar di semifinal di Stadion Kunshan Sports Center, Selasa (23/1) sore.

Vietnam menang secara dramatis. Kemenangan diperoleh melalui babak adu tendangan penalti dengan skor 4-3. Empat penendang sukses menjalankan tugas, sementara hanya tiga penendang Qatar yang memasukkan bola ke gawang.

Babak adu tendangan penalti itu dijalani usai memaksa Qatar bermain imbang 2-2 di waktu normal hingga babak tambahan. Skuat asuhan Park Hang-seo tertinggal dua kali di waktu normal.

Vietnam tertinggal lebih dulu lewat gol Akram Hassan Afif pada menit ke-39. The Golden Stars baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-69 melalui Nguyen Quang Hai yang mencuri bola kemudian menceploskannya.

Timnas Vietnam U-23 menunjukkan semangat pantang menyerah. Namun, tertinggal lagi setelah Almoez Ali Abdulla berhasil memaksimalkan kemelut pada menit ke-87. Semenit berselang, Vietnam membalas kembali lewat Nguyen Quang Hai yang melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak.

Vietnam sekaligus mematahkan dominasi tim Asia Timur dan Asia Barat di final, terhitung sejak Piala Asia U-23 digulirkan mulai 2013.

Vietnam juga menjadi tim ASEAN terbaik di Piala Asia U-23 2018, mengingat Thailand gugur di fase grup, sementara Malaysia hanya sampai babak perempat final. Sementara Indonesia jauh sebelumnya gagal lolos dari babak kualifikasi.

Di final, Vietnam akan bertemu dengan pemenang semifinal lain yang mempertemukan Uzbekistan kontra Korea Selatan. Vietnam pernah bertemu Korea Selatan di babak grup dengan kekalahan 1-2.

Piala Asia U-23 Vietnam
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan