Luis Milla Beberkan Program Pembinaan Usia Muda yang Bisa Dicontoh Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 18 Oktober 2017
Luis Milla Beberkan Program Pembinaan Usia Muda yang Bisa Dicontoh Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla bersama Bayu Eka Sari (penerjemah), Indra Sjafri (Pelatih Timnas U-19), dan Fakhri Husaini (Pelatih Timnas U-16) (dari kiri ke kanan). (Sumber: Bolaskor.com)

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Luis Milla, membeberkan cara pembinaan usia muda di tanah kelahirannya, Spanyol. Ia mengatakan, progam tersebut bisa dipraktikkan di Indonesia jika mau.

"Di Spanyol sendiri punya banyak regional (provinsi). Setiap regional ada pelatih timnas U-16 dan U-19 yang ditunjuk federasi untuk mencari pemain terbaik. Para pemain U-16 dan U-19 berkompetisi di setiap provinsi. Para pelatih itu orang kepercayaan federasi. Jadi, saya dengan mudah mencari pemain terbaik yang dilahirkan dari setiap provinsi, untuk kemudian saya seleksi di timnas. Hal ini sudah saya lakukan ketika menjadi pelatih Timnas Spanyol U-17 hingga U-20," ujar Luis Milla dalam acara diskusi PSSI Pers, Rabu (18/10/17).

"Hal tersebut kenapa tidak, untuk bisa diterapkan di Indonesia."

Luis Milla menambahkan, para pelatih di Indonesia seharusnya membimbing secara penuh para pemain muda binaannya. Kalau perlu dicarikan klub yang mempunyai visi dan misi bermain seperti sang pemain.

"Indonesia memiliki pemain berbakat, contohnya Febri (Hariyadi) dan Saddil (Ramdani). Saya sangat setuju pemain harus berkompetisi. Dengan adanya kompetisi kemampuan mereka akan terasah. Kita (pelatih) seharusnya membimbing mereka," ujar mantan pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut.

Luis Milla saat ini sedang mengamati atau mencari pemain untuk layak masuk ke Timnas Indonesia Senior. Skuat Garuda Muda akan melakoni beberapa pertandingan laga uji coba. Pasalnya, tidak ada agenda atau turnamen resmi yang diikuti Timnas di tahun ini.

Timnas Indonesia Luis Milla
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan