Luis Milla Tegaskan Pemain Timnas U-23 Tidak Terpengaruh Polemik Liga 1

Luis Milla Tegaskan Pemain Timnas U-23 Tidak Terpengaruh Polemik Liga 1 Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla (kiri) saat konferensi pers jelang laga lawan Suriah U-23. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, menegaskan bahwa para pemainnya tidak terpengaruh dengan polemik Liga 1, jelang menghadapi Suriah U-23 pada laga uji coba internasional di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/11/17) esok sore WIB. Semua pemain membuang rasa persaingan di klub ketika membela Skuat Garuda Muda.

Seperti diketahui, perebutan gelar juara Liga 1 menciptakan sebuah polemik. Di mana Bhayangkara FC, Madura United FC, Mitra Kukar, dan Bali United FC sempat membuat panas kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia tersebut.

Bhayangkara FC keluar sebagai juara Liga 1 usai mengalahkan Madura United FC 3-1, pada laga tunda di Stadion Bangkalan, 08 November lalu. Perolehan poin The Guardian di klasemen sementara Liga 1 tidak bisa dikejar lagi oleh Bali United FC, meski masih menyisakan satu laga tersisa.

Bhayangkara FC yang sudah mengoleksi 68 poin tak mungkin lagi digeser Bali United FC (65 poin) dengan satu pertandingan sisa, lantaran keunggulan head to head. Meskipun The Guardian kalah dari Persija Jakarta, Minggu (12/11/17), dan Bali United menang atas Persegres Gresik United di hari yang sama.

Namun, pengesahan gelar juara Bhayangkara FC belum dipastikan usai PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunggu banding yang dilakukan Mitra Kukar atas keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Sebelumnya, Komdis PSSI memberikan sanksi bahwa Mitra Kukar menggunakan pemain tidak sah saat menghadapi Bhayangkara FC, yakni Mohamed Sissoko.

Mantan pemain Liverpool itu diketahui terkena larangan bermain sebanyak dua laga oleh Komdis.
Alhasil, Komdis PSSI menyatakan Bhayangkara FC menang 3-0 atas Mitra Kukar. Saat itu pertandingan yang berlangsung di Stadion Aji Imbut, berkesudahan 1-1.

Mitra Kukar mengaku tidak ada nama Sissoko di Nota Larangan Bermain (NLB) yang dikeluarkan PT LIB sebelum pertandingan melawan Bhayangkara FC. Tim Naga Mekes mengaku tidak ada email masuk soal keputusan Komdis PSSI terhadap larangan bermain untuk Sissoko.

Di pihak lain, Komdis sudah mengirimkan email tersebut pada tanggal 31 Oktober 2017. Bahkan, sebelum pertandingan melawan Bhayangkara FC.

Namun, masalah ini akhirnya terselesaikan pada rapat Anggota Eksekutif (Exco) PSSI di Makostrad, 09-10 November 2017. Hasilnya pun Mitra Kukar mengaku bersalah tidak membaca email keputusan Komdis PSSI soal larangan bermain Sissoko. Bhayangkara FC resmi menjadi juara Liga 1.

“Semua pemain tidak terpengaruh (soal polemik Liga 1). Para pemain berlatih bersama lawan-lawannya saat di klub Liga 1. Semua pemain termotivasi untuk membela dan membawa nama Indonesia,” kata Luis Milla.

“Semua pemain fokus menghadapi Suriah U-23.”

Timnas Indonesia U-23 akan menantang Suriah U-23, pada laga uji coba internasional di Stadion Wibawa Mukti, Kamis (16/11/17) esok sore WIB. Dalam laga tersebut, komposisi pemain berisikan pemain U-23 full.

Dua hari berselang, Timnas U-23 ditambah delapan pemain senior akan menghadapi Suriah U-23 di Stadion Wibawa Mukti. Delapan pemain senior yang dimaksud adalah Andritany Ardhiyasa, Fachruddin Aryanto, Achmad Jufriyanto, Bayu Pradana, M Taufiq, Andik Vermansah, Ilija Spasojevic, dan Boaz Solossa.

Terakhir Timnas Senior menghadapi Guyana di Stadion Wibawa Mukti, 25 November mendatang. Komposisi tim yang bakal digunakan adalah full pemain U-23.

Leave a Comment