Madrid dan Besiktas Raih Tiket 16 Besar, Monaco Tersingkir

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 22 November 2017
Madrid dan Besiktas Raih Tiket 16 Besar, Monaco Tersingkir

BolaSkor.com - Real Madrid dan Besiktas menjadi dua klub berikut yang memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions setelah menjalani laga kelima, Rabu (22/11/117) WIB. Sementara empat klub dipastikan tersingkir, Borussia Dortmund, AS Monaco, APOEL, dan Maribor.

Berikut rangkuman hasil pertandingan laga kelima Liga Champions, Rabu (22/11/17).


Grup E

Spartak Moskva 1-1 Maribor

Spartak gagal mempertahankan keunggulan saat menjamu Maribor. Unggul 1-0 berkat gol Ze Luis pada menit ke-82, gawang Spartak justru kebobolan pada pengujung laga. Gol penyelamat Maribor dicetak Jasmin Mesanovic.

Hasil imbang ini membuat Spartak masih menjaga peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Dengan poin enam, Spartak akan menjalani laga penentuan saat tandang ke markas Liverpool pada laga terakhir. Sedangkan Maribor dipastikan tersingkir dengan hanya mengumpulkan dua angka.


Sevilla 3-3 Liverpool

Sevilla melanjutkan catatan tak terkalahkan di kandang lebih dari setahun meski sempat tertinggal 0-3 dari tim tamu Liverpool. The Reds sepertinya sudah mematikan tiket ke 16 besar usai unggul lewat dua gol Roberto Firmino dan satu gol tambahan dari Sadio Mane saat laga baru berjalan 22 menit.

Namun secara spektakuler Sevilla mampu menyamakan kedudukan. Dimulai dari gol Wissam Ben di menit ke-51 minutes, lalu lewat eksekusi penalti sembilan menit kemudian. Pada tiga menit tambahan, Sevilla mencatat gol ketiga lewat Guido Pizarro. Liverpool masih ada di puncak klasemen dengan sembilan angka. Sevilla menempel ketat dengan raihan delapan poin.


Grup F

Napoli 3-0 Shakhtar Donetsk

Napoli memetik kemenangan lewat tiga yang tercipta di babak kedua. Ketiga gol Napoli disumbang Lorenzo Insigne, Piotr Zieli?sk, dan Dries Mertens.

Berkat kemenangan ini, Napoli masih menjaga peluang untuk lolos ke 16 besar. Kini mereka mengumpulkan enam poin atau selisih tiga poin dari Shakhtar. Napoli bisa lolos sebagai peringkat kedua jika pada laga terakhir mereka mengalahkan Feyenoord dan pada saat bersamaan Shakhtar dikalahkan Manchester City.


Manchester City 1-0 Feyenoord

Manchester City yang sudah memastikan lolos melanjutkan rekor selalu menang di Liga Champions musim ini. Kemenangan City atas Feyenoord berkat gol semata wayang Raheem Sterling pada menit kedua. Berbeda dengan City, hasil ini menjadikan Feyenoord satu-satunya klub yang hingga laga kelima belum meraih poin pada Liga Champions musim ini.


Grup G

Besiktas 1-1 Porto

Meski ditahan imbang 1-1 oleh Porto, Besiktas masih berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Besiktas. Tak hanya itu, Besiktas juga menjadi klub Turki pertama yang bisa menjadi juara grup.

Sementara Porto menduduki peringkat kedua dengan tujuh poin. Mereka memiliki poin yang sama dengan Leipzig namun unggul head to head. Porto bisa memastikan tiket jika meraih hasil lebih baik atau sama dengan Leipzig. Porto akan menghadapi Monaco, yang sudah tersingkir, pada laga terakhir.


Monaco 1-4 RB Leipzig

Klub debutan Leipzig menjadi penuntas kiprah Monaco di Liga Champions musim ini lewat kemenangan 4-1. Leipzig sudah unggul dua gol saat laga belum genap sepuluh menit lewat gol bunuh diri Jemerson dan gol Timo Werner.

Saat laga berjalan setengah jam Werner sukses menjadi algojo penalti. Manaco sempat menipiskan skor lewat Falcao pada mneit 42. Namun, dua menit kemudian Naby Keita menjadikan skor 4-1 buat Leipzig.

Grup H

APOEL 0-6 Real Madrid

Juara bertahan, Real Madrid menyadari kemenangan akan meloloskan mereka ke babak selanjutnya apapun hasil yang dicatat Dortmund pada laga lain. Dan Madrid pun meraih kemenangan itu dengan telak.

Madrid membuka gol lewat Luka Modrid pada menit 23. Dilanjutkan oleh Karim Benzema pada menit ke-39. Selang tiga menit kemudian giliran Nacho mencatatkan nama di papan skor. Benzema mencetak gol keduanya di ujung babak pertama. Di babak kedua Cristiano Ronaldo memborong dua gol pada 49 dan 54.


Borussia Dortmund 1-2 Tottenham Hotspur

Tottenham sudah lolos ke 16 besar dan kemenangan 2-1 atas Dortmund ini memastikan klub asal London itu keluar sebagai kampiun Grup H.

Spurs tertinggal lebih dulu ketika Aubameyang mencetak gol untuk tuan rumah pada menit ke-31. Namun, Spurs bangkit di babak kedua. Saat paruh kedua baru berjalan empat menit Harry Kane berhasil menyamakan kedudukan. Spurs memastikan tiga poin menyusul gol dari Son Heung-Min pada menit 76.