Main Bertahan di Kandang, MU Takluk di Tangan Man City

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 11 Desember 2017
Main Bertahan di Kandang, MU Takluk di Tangan Man City
Nicolas Otamendi mencetak gol kemenangan Manchester City atas Manchester United di Old Trafford. (Zimbio)

BolaSkor.com - Manchester United harus mengakui keperkasaan Manchester City di Stadion Old Trafford dalam derby Manchester. Setan Merah harus takluk 1-2 pada laga pekan ke-16 Premier League, Senin (11/12/17) WIB.

Sejak awal laga City mengambil inisiatif serangan. Sebaliknya meski tampil di kandang sendiri, MU memilih bermain bertahan dan membiarkan City menguasai bola.

Jose Mourinho kembali memainkan pola yang biasa disebut "parkir bus" dengan menunggu lawan dengan pertahanan berlapis sulit ditembus. Saat menguasai bola, Setan Merah memilih melepaskan umpan langsung ke depan. Alhasil, keberadaan trio Romelu Lukaku, Marcus Rashford, dan Anthony Martial seperti mubazir.

Pada menit ke-16 Raheem Sterling menguji David de Gea yang menjaga gawang MU. Namun De Gea masih membuktikan ketangguhannya. Gol baru tercipta pada menit ke-43. David Silva memanfaatkan bola muntah dari skema tendangan sudut.

Dalam kondisi unggul dan menguasai jalannya permainan, City justru lengah. Kesalahan yang dibuat lini pertahanan City berbuah gol penyama bagi MU yang dibuat Rashford di pengujung babak pertama.

Secara keseluruhan, City mendominasi penuh laga babak pertama. City tercatat menguasai bola sebanyak 75 persen dan melepaskan 13 sepakan ke gawang, empat di antaranya menemui sasaran. Sendangkan MU hanya bisa melepaskan lima tembakan ke gawang.

Pada babak kedua, Pep Guardiola memasukan Ilkay Gundogan menggantikan Vincent Kompany. Dengan pergantian ini Guardiola menempatkan Fernandinho sebagai bek tengah.

MU mulai melakukan tekanan di area pertahanan City dan beberapa kali menyulitkan pemain belakang City dalam mengalirkan bola ke depan. Namun, saat menekan inilah, City mendpatkan ruang di lini pertahanan MU. Situasi ini nyaris berbuah gol jika Leroy Sane bisa lebih mengarahkan sepakannya pada menit ke-53.

Selang satu menit kemudian City berhasil menjebol gawang MU. Kesalahan dibuat Lukaku saat menghalau bola sepakan bebas David Silva. Bola liar menjadi santapan empuk untuk Nicolas Otamendi yang melepaskan sepakan gunting untuk menaklukkan De Gea.

Unggul satu gol tak membuat City mengendurkan serangan. Sebaliknya MU terlihat semakin kehilangan kendali permainan. Berulang kali Sane dan David Silva melakukan gerakan berbahaya di lini pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-71 City nyaris menambah gol namun gagal oleh aksi penyelamatan gemilang dari De Gea. Bekerja sama dengan David Silva, Kevin de Bruyne mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan mendatar ke pojok gawang. Namun De Gea secara gemilang bisa menghalau bola.

Saat waktu normal menyisakan 15 menit, laga mulai berjalan menarik. Mourinho pun memutuskan untuk memasukan Zlatan Ibrahimovic yang masuk menggantikan Lingard.

Pada menit ke-78, kubu MU berharap mendapatkan penalti setelah Ander Herrera jatuh di kotak penalti City. Namun, wasit Michael Oliver menganggap Herrera melakukan diving. Tidak ada penalti dan Herrera mendapatkan kartu kuning.

Memasuki menit ke-85, tuan rumah hampir menyamakan kedudukan. Lukaku dari jarak dekat menyambar bola umpan Martial. Namun, kiper City, Ederson mematahkan usaha Lukaku, bola muntah langsung disambar Mata, namun lagi-lagi bisa digagalkan Ederson.

Di pengujung laga City terus menguasai bola tanpa memberi kesempatan pemain MU merebutnya. Situasi ini terus berjalan hingga laga usai.

Hasil ini sangat krusial bagi City yang saat ini makin mantap di puncak klasemen Premier League dengan 46 poin. Pasukan Guardiola kini unggul 11 poin dari MU. Sedangkan MU sendiri bertahan di posisi kedua dengan 35 poin, mereka kini ditempel ketat Chelsea yang hanya tertinggal tiga poin.


Susunan Pemain
Manchester United (4-2-3-1) : De Gea, Valencia, Smalling, Rojo (Lindelof 45), Young, Herrera (Mata 82), Matic, Martial, Lingard (Ibrahimovic 76), Rashford, Lukaku.

Manchester City (4-3-3) : Ederson, Walker, Otamendi, Kompany (Gundogan 45), Delph, De Bruyne, Fernandinho, Silva, Sterling, Jesus (Mangala 59), Sane (Bernardo Silva 88)

Derby Manchester Manchester United Manchester City Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.969

Bagikan