BolaSkor.com - Manchester City sedang melaju sendirian dalam pacuan menuju podium juara Premier League. Kemenangan 5-1 atas Leicester dikombinasikan dengan kekalahan Manchester United dari Newcastle United memperlebar jarak City dengan Man United menjadi 16 poin.

Dengan jarak 16 angka dengan 11 laga yang masih tersisa hanya keajaiban yang bisa mengagalkan Manchester City menjadi kampiun Premier League musim ini. Bahkan ada kemungkinan The Citizens akan memastikan gelar juara pada laga derby kontra Manchester United di Stadion Etihad, April mendatang.

Untuk bisa terjadi, tim asuhan Pep Guardiola harus memetik kemenangan dalam lima laga ke depan. Jika itu bisa dilakukan, kemenangan pada derby akan mengunci gelar Premier League.

Enam Laga Berikut

MANCHESTER CITY

MANCHESTER UNITED

1 Maret: Arsenal (T)

25 Februari: Chelsea (K)

4 Maret: Chelsea (K)

5 Maret: Crystal Palace (T)

12 Maret: Stoke (T)

10 Maret: Liverpool (K)

18 Maret: Brighton (K)

18 Maret: West Ham (T)

31 Maret: Everton (T)

31 Maret: Swansea (K)

7 April: Manchester United (K)

7 April: Manchester City (T)

Bagaimana jika Manchester United kehilangan poin sebelum derby kontra City? Jika begitu, Sergio Aguero dan kawan-kawan akan memastikan juara lebih cepat lagi.

Namun masih ada catatan lain. Man City kemungkinan tak akan memastikan gelar saat derby jika mereka masih bertahan di Piala FA. City akan menghadapi Wigan di babak kelima Piala FA pada 19 Februari nanti. Jika menang mereka akan tampil di perempat final yang dijadwalkan pada 17 Maret, sehari seblum laga Premier League mereka kontra Brighton.

Artinya laga kontra Brighton akan ditunda. Dengan demikian City masih membutuhkan satu kemenangan lagi meski mereka mengalahkan Setan Merah dalam derby Manchester.

Satu hal yang pasti, pintu menuju takhta juara sudah terbuka bagi Manchester City. Hanya kejadian luar biasa yang bisa menggagalkan Manchester Biru menjadi kampiun Premier League musim ini.