Mantan Kapten Timnas Indonesia Dukung Evan Dimas dan Ilham Udin ke Selangor FA

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 20 Desember 2017
Mantan Kapten Timnas Indonesia Dukung Evan Dimas dan Ilham Udin ke Selangor FA
Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn ketika membela Timnas Indonesia. (Instagram Ilham Udin Armaiyn)

BolaSkor.com - Mantan kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi mendukung penuh langkah pemain Indonesia untuk berkiprah di luar negeri. Hal itu diyakininya akan berdampak positif pada kualitas Timnas Garuda. Termasuk mendukung langkah Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn ke Selangor FA.

Pendapat Agung jelas memberikan sebuah pendapat untuk Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Sebelumnya, Edy Rahmayadi mengeluarkan statement bahwa Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn bermain di luar negeri tidak mencerminkan sikap nasionalisme. Komentar itu berkaitan dengan khawatir, kedua pemain itu tidak diizinkan Selangor FA untuk melakukan pemusatan latihan Timnas Indonesia ke depannya. Di mana, biasanya klub luar negeri tak akan melepas pemain di jadwal kalender FIFA.

Pasalnya, Evan dan Ilham Udin merupakan pilar utama Timnas untuk menyongsong Asian Games 2018 pada Agustus tahun depan. Tak hanya itu, Edy Rahmayadi menilai kekuatan Timnas bisa terbaca oleh Malaysia jika kedua pemain tersebut bermain di Selangor FA. Di mana, Timnas ditargetkan bisa masuk ke babak semifinal Asian Games 2018.

Tak sampai di situ, Selangor FA menambah bola panas dengan mengeluarkan statement bahwa PSSI melarang Evan Dimas dan Ilham Udin berkiprah di luar negeri. Meski pada akhirnya, Evan Dimas dan Ilham Udin tetap berkomitmen untuk datang ke Timnas setiap ada panggilan.

Lebih lanjut, Agung sendiri menjelaskan pengalamannya merasakan ketatnya persaingan di luar negeri. Dia merupakan satu dari 19 pemain yang dikirim PSSI untuk berlatih selama dua bulan di Ceko. Kala itu, Agung bersama sejumlah pemain, seperti Nilmaizar, Zulkarnain Jamil, dan Rochi Putiray tergabung dalam skuat PSSI Garuda II.

Dalam pemusatan latihan selama dua bulan, Indonesia berhadapan dengan tim-tim Eropa. Rasa percaya diri muncul dari pertemuan dengan para pemain yang levelnya di atas Indonesia. Sayangnya, dia belum sempat mendapat tawaran dari klub-klub luar negeri. Hanya Rochi saja yang beberapa musim berkiprah di Hongkong.

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi menjadi pemain Selangor FA. (Instagram/Muly Munial)

Agung mengatakan, datangnya tawaran dari klub-klub Malaysia dan Thailand kali ini harus bisa dimanfaatkan. Persaingan yang lebih ketat akan membuat mental dan percaya diri para pemain Indonesia lebih terasah. Terlebih di klub luar negeri, status mereka adalah pemain asing yang diharapkan bisa mengangkat peforma tim.

"Tidak ada yang salah ketika pemain Indonesia bermain di luar negeri. Justru ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kita. Para pemain Indonesia akan lebih terasah ketika main di luar. Mental dan percaya diri pasti meningkat," terang Agung kepada Bolaskor.com, Selasa (19/12/17).

Andik Vermansyah menjadi bukti positif bermain di luar negeri. Awalnya, Andik lebih dikenal sebagai pemain egois yang kerap beraksi sendirian. Namun kini, kata Agung, pemain asal Jember itu jauh lebih tenang. Andik juga tak lagi menghabiskan tenaga untuk beraksi sendirian.

Mantan pelatih Persis Solo itu juga menyoroti peforma pemain-pemain Inggris. Mereka terlihat layaknya singa ketika membela klub Inggris. Namun ketika dikumpulkan menjadi satu di Timnas Inggris, peformanya langsung merosot tajam. Hal itu karena semasa di klub, selalu ada pemain dari luar Inggris yang jadi andalan.

"Kalau ada pemain Indonesia yang main di luar negeri harusnya didukung, bukan malah dipermasalahkan. Jangan berpikir rahasia permainan kita akan terbaca. Ini sepak bola bukan perang," tuturnya.

Dia berharap pihak-pihak yang mempermasalahkan pemain Indonesia berkarier di luar negeri agar belajar sepak bola lebih mendalam lagi.

"Baca-baca koran atau apalah, agar wawasan sepak bola-nya bertambah. Kalau perlu ya sharing dengan federasi sepak bola luar. Masa pemain mau main di luar negeri disebut tidak nasionalis. Ada-ada saja," tukasnya.

Saat ini, sudah ada tiga pemain Indonesia yang memastikan berkiprah bersama klub luar negeri. Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn ke Selangor FA Malaysia, serta Ryuji Utomo ke PTT Rayong Thailand. Mantan pemain Persipura Jayapura, Osvaldo Haay dan pemain Persib Bandung, Ahmad Jufriyanto juga dikabarkan segera merapat ke Malaysia. (Laporan Kontributor Nofik Lukman/Solo)

Evan dimas Ilham Udin Armaiyn Selangor fa Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan