Menyoal Kontroversi VAR di Laga Fiorentina Vs Juventus

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 10 Februari 2018
Menyoal Kontroversi VAR di Laga Fiorentina Vs Juventus
Jordan Veretout bersiap mengambil penalti. (Ansa)

BolaSkor.com - Lagi-lagi teknologi video bantuan untuk wasit alias VAR kembali memicu kontroversi. Kali ini terjadi pada laga Fiorentina kontra Juventus di Stadion Artemio Franchi, Sabtu (10/2) dini hari WIB. Laga berakhir 2-0 untuk Juventus.

VAR sejatinya dibuat untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan krusial, seperti penalti atau pemberian kartu kuning/merah. Namun pada pelaksanaan VAR justru lebih sering menimbulkan kebingungan dan membuat laga tertunda.

Contoh terakhir terjadi pada laga Fiorentina melawan Juventus. Saat laga berjalan sekitar 20 menit, pemain tuan rumah Marco Benassi melepaskan umpan silang. Bola kemudian terlihat membentur lengan kiri Giorgio Chiellini.

Melihat kejadian tersebut, wasit langsung menunjuk titik putih karena Chiellini memang berada di dalam kotak penalti. Bola pun ditempatkan di titik putih dan Jordan Veretout sudah siap menjadi algojo. Kiper Juventus juga sudah siap di gawang.

Namun setelah empat menit berjalan wasit tak kunjung meniupkan peluit tanda sepakan penalti dimulai. Kemudian tiba-tiba wasit Marco Guida memberi sinyal meminta bantuan VAR.

Wasit kemudian memutuskan membatalkan penalti. Dari tayang ulang, bola memang mengenai Chiellini yang ada di dalam kotak penalti. Publik pun bertanya-tanya apa alasan Guida meminta bantuan VAR yang membuatnya akhirnya membatalkan penalti.

Alasan terbaik adalah sang wasit ragu apakah Giovanni Simeone, yang menyentuh bola sebelum Benassi yang ada dalam posisi offside (foto). Namun, sebelumnya bola juga menyentuh Alex Sandro. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Alex Sandro sengaja menyentuh bola atau tidak.

Jika sengaja maka posisi Benassi tidak offside (mirip kejadian Dejan Lovren pada laga Liverpool kontra Tottenham). Petugas VAR memutuskan Sandro tak sengaja menyentuh bola yang berarti Benassi dalam posisi offside saat menerima bola sebelum melepaskan umpan silang yang mengenai lengan Chiellini.

Serie a Juventus Fiorentina
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.074

Bagikan