'Mission Impossible' Andrea Dovizioso

'Mission Impossible' Andrea Dovizioso Marc Marquez (kiri) dari Repsol Honda bersama Andrea Dovizioso. (Zimbio)

BolaSkor.com - Mission impossible, itulah yang akan dilakoni Andrea Dovizioso pada balapan penentuan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 di Valencia, Minggu (21/11/17) malam ini. Sejak GP motor dunia diperkenalkan pada 1949, hanya 17 kali penentuan gelar dilakukan di seri terakhir.

Dari 17 kali tersebut hanya 3 di antaranya dimana seorang rider yang tertinggal poin di klasemen bisa membalikkan situasi dan menjadi juara dunia. Mereka adalah Wayne Rainey pada 1992, Nicky Hayden di musim 2006 dan terakhir Jorge Lorenzo dua tahun lalu (2015).

Dari ketiga kesempatan itu, defisit poin terbesar yang harus dikejar terjadi pada 2006. Yakni ketika mendiang Hayden tertinggal 8 poin dari Valentino Rossi menjelang GP Valencia.
Saat ini, Andrea Dovizioso tertinggal 21 poin dari Marc Marquez. Nyaris 3 kali lipat dari saat Hayden mendapat keajaiban di Valencia 2006 silam. Kondisi Dovizioso semakin sulit karena dia harus start dari posisi 9. Sementara Marquez sukses merebut pole position meski sempat terjatuh di sesi kualifikasi.

"Kalau saya Dovi, saya pasti mulai panik," kata Marquez memberikan psywar kepada rivalnya.

Dengan start dari pole, Marquez hanya perlu mengontrol balapan dari posisi depan. Apalagi dia hanya perlu finis di posisi 11 untuk menyegel gelar juara dunia keempatnya di MotoGP.

Satu-satunya keajaiban yang mungkin bisa dialami Dovi adalah Marquez terjatuh di tengah lomba dan gagal finis. Atau mengalami kerusakan mesin. Marquez terjatuh dua kali akhir pekan ini di Malaysia. Pertama di sesi latihan bebas, kedua di babak kualifikasi. Apakah Marquez bakal jatuh di balapan nanti? (Laporan Kontributor Adam Anugerah)

Leave a Comment