MotoGP: Marquez Jadi Juara Dunia Enam Kali Termuda

MotoGP: Marquez Jadi Juara Dunia Enam Kali Termuda Juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez (Zimbio)

BolaSkor.com - Minggu (12/11/17), MotoGP seri Valencia berakhir sangat manis buat Marc Marquez. Superstar Repsol Honda itu sukses mengamankan gelar juara dunia keempatnya di MotoGP. Rider 24 tahun tersebut juga menggondol pulang status rider termuda yang pernah meraih juara dunia enam kali.

Marquez memang hanya finis di posisi ketiga di GP Valencia. Tapi tanpa finis di podium sekalipun sudah lebih dari cukup bagi Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2017. Karena dia hanya butuh finis di posisi 11 untuk juara.

Perjuangan Marquez menjadi lebih mudah karena rival terbesarnya Andrea Dovizioso (Ducati) gagal finis pada balapan tersebut. Rider Italia itu mengalami kecelakaan di Lap 25 dari 30 putaran yang dilombakan.

Perjuangan Marquez untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP hampir menemui nahas. Pada Lap 23, motornya terseret saat memasuki Tikungan 1.

"Saya berusaha untuk tetap tenang sepanjang balapan. Saat saya merasa punya peluang untuk merebut kemenangan. Saya memutuskan untuk menggeber motor saya. Tapi saya justru kehilangan titik pengereman dan nyaris terjatuh," ungkap Marquez usai balapan.

Marquez kembali ke lintasan di posisi kelima tepat di belakang Dovi. Namun dua lap berikutnya nasib buruk menimpa Ducati. Berawal dari Jorge Lorenzo yang kehilangan kendali motornya di Tikungan 5 di Lap 24. Lorenzo tumbang di saat balapan tinggal menyisakan enam lap lagi. Saat itu Lorenzo berada di posisi ketiga.

Pada lap berikutnya, giliran Dovizioso menyusul Lorenzo. Di Tikungan 8 Lap 25, dia kehilangan cengkeraman ban depannya lalu melebar keluar lintasan. Berbeda dengan Marquez, Dovi gagal mengendalikan motornya dan terjatuh.

MotoGP Valencia akhirnya dimenangi pembalap Repsol Honda Daniel Pedrosa. Secara dramatis, dia merebut posisi terdepan dari Johann Zarco (Tech3 Yamaha) pada lap terakhir. Zarco tampil brilian dengan memimpin nyaris di sepanjang balapan. Di posisi ketiga, Marquez merebut podium terakhir. (Laporan Kontributor Adam Anugerah)

Leave a Comment