Murid Rossi Jadi Penguasa Moto2

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 29 Oktober 2017
Murid Rossi Jadi Penguasa Moto2
Franco Morbidelli (kiri) bersama Valentino Rossi.

BolaSkor.com - Era kebangkitan rider-rider Italia di ajang grand prix dunia semakin terasa. Salah satunya adalah kesuksesan Franco Morbidelli menjuarai ajang Moto2 di GP Malaysia, Minggu (29/10/17).

Morbidelli adalah anak asuh Valentino Rossi di VR46 Academy. Sebelum memulai balapan di Sirkuit Sepang, Morbidelli dipastikan mengunci gelar kelas intermediate itu dengan sisa dua seri.

Penyebabnya adalah rival terbesarnya Thomas Luthi tidak bisa turun membalap akibat cedera. Cedera itu didapatnya saat mengalami kecelakaan parah di sesi kualifikasi kemarin.
Dengan absennya Luthi di GP Malaysia, perolehan poin Morbidelli tak terkejar lagi.

Rossi memberikan selamat kepada muridnya itu langsung di tengah sirkuit setelah Morbidelli finis ketiga di GP Malaysia. Dia menjadi rider Italia pertama yang menjuarai Moto2.

Terakhir pada 2008 Marco Simoncelli menjuarai kelas intermediate itu. Tapi saat itu masih disebut kelas 250 cc.
Morbidelli akan menambah deretan daftar pembalap Italia di MotoGP musim depan.

Dia akan membalap untuk tim Marc VDS-Honda dan bakal mewujudkan mimpinya bersaing di lintasan yang sama dengan guru sekaligus idolanya sendiri Valentino Rossi.

Hadirnya Morbidelli di ajang MotoGP juga ikut meramaikan persaingan rider-rider Italia dengan Spanyol. Sejak Rossi meraih juara dunia terakhirnya di MotoGP pada 2009 tidak ada lagi rider Italia yang menjuarai MotoGP.

Dominasi diambil alih oleh pembalap asal Negeri Matador. Meskipun secara total Italia masih memimpin perolehan gelar juara dunia di kelas premium yakni 20 kali Sedangkan Spanyol 7 kali. (k-1)