BolaSkor.com - Manchester United kembali menelan kekalahan di Premier League. Kali ini, terjadi di pekan 27 Premier League, di St James Park, markas Newcastle United. Red Devils kalah 0-1 dari gol tunggal yang diciptakan Matt Ritchie - gol pertama Ritchie di Premier League.

Man United mendominasi penguasaan bola dan menciptakan cukup banyak peluang. Namun, karena ketangguhan lini belakang dan kiper Newcastle, semua peluang yang dihasilkan Antonio Valencia cs kandas di area 16 meter Newcastle.

Terlebih, Newcastle bermain dengan semangat juang tinggi untuk menjauh dari zona degradasi. Para pemain Man United pun tidak berkutik atau leluasa membangun serangan. Apalagi, mereka tidak cukup memiliki kreativitas bermain untuk membongkar rapatnya pertahanan tim besutan Rafael Benitez.

Kekalahan itu menambah rekor buruk tak pernah menang Jose Mourinho di St James Park. Dan seperti biasanya, Mourinho memiliki alibi atau dalih untuk mengalihkan perhatian publik dari para pemainnya.

"Pemain Newcastle United dan, tentu saja, staf mereka memberikan semua yang mereka miliki dan tidak miliki, dan saya pikir itulah hal indah di sepak bola. Saya pikir mereka bermain untuk bertarung meraih poin, tapi tiba-tiba unggul 1-0, dan sejak saat itu, melebihi segala batas yang ada," papar Mourinho, dilansir Guardian, Senin (12/2).

Newcastle United bermain hebat saat melawan Man United (Getty Images)

"Mereka memperlihatkan segalanya yang manajer ingin lihat dalam pertandingan. Saya bisa membayangkan Benitez sangat puas dengan usaha tim. Apakah mereka beruntung? Ya, mereka beruntung. Tapi, terkadang Anda menciptakan keberuntungan Anda sendiri dengan pemikiran Anda. Cara mereka bertarung untuk setiap hal adalah hal yang indah," tambah pria yang menjuluki dirinya The Special One.

Lebih lanjut, manajer asal Portugal tersebut juga mengingat baik ucapan mentornya, Sir Bobby Robson, yang pernah melatih Barcelona (1996-1997) dan Newcastle (1999-2004).

"Setelah beberapa kekalahan, Sir Bobby pernah memberitahu saya: 'Jangan terlalu sedih, pikirkan tentang kebahagiaan tim lainnya'. Saya tahu Benitez mencintai sepak bola dan saya tahu dia sangat bahagia," pungkas Mourinho.

Kekalahan dari Newcastle tak mengubah posisi Man United di urutan dua klasemen. Tapi, posisi mereka rawan digeser Liverpool yang memenangi laga kontra Southampton dengan skor 2-0, dan hanya terpaut dua poin.