Pelatih Arema Berang soal Etika Pemain yang Hampir Direkrutnya

Pelatih Arema Berang soal Etika Pemain yang Hampir Direkrutnya Pelatih Arema FC, Joko Susilo. (Fourfourtwo.com)

BolaSkor.com - Kegagalan merekrut pemain baru membuat Arema FC cukup gusar. Padahal, beberapa nama sudah masuk dalam proyeksi dan komunikasi intens pun terjalin sejak jauh-jauh hari.

Hal itu tercermin saat Arema gagal mendatangkan satu kiper level Liga 1 untuk musim depan. Meski tak menyebut nama, salah satu penjaga gawang senior itu dipercaya adalah Hery Prasetyo, yang sudah dipagari oleh Madura United.

"Ada satu kiper yang sudah deal, tapi tiba-tiba dia batal bergabung. Tapi dia sudah komitmen untuk mengembalikan DP (Down Payment)," ucap pelatih Arema, Joko Susilo.

Contoh kasus itu pun seolah melengkapi deretan kegagalan Arema lainnya dalam perburuan pemain. Sebelumnya, Tim Singo Edan juga dihubung-hubungkan dengan beberapa nama pemain Semen Padang.

Namun, belakangan dua nama yakni Riko Simanjuntak dan Irsyad Maulana memilih bergabung dengan klub lain. Begitu juga nama lainnya yang akhirnya memilih bertahan di klubnya masing-masing.

"Kondisinya sama seperti pemain di tim kami. Mereka juga sulit untuk bergabung karena masih punya ikatan kontrak dengan klub lama," imbuh Gethuk.

Hanya satu hal yang menjadi sorotan suksesor Aji Santoso di pertengahan musim lalu itu. Gethuk sangat mempertanyakan etika terkait lemahnya komitmen yang sudah dibangun klub dan pemain itu sendiri.
Meski diakuinya, besaran nominal uang berikut fasilitas penunjang pada kontrak, sangat menentukan dalam dunia sepak bola profesional saat ini.

"Mau bagaimana lagi. Transfer pemain saat ini memang berorientasi pada nominal uang. Kalau kita sudah sepakat senilai Rp 500 juta, mereka tetap akan memilih klub yang melayangkan tawaran sedikit di atas nilai itu," ungkap Gethuk.

"Tapi seharusnya mereka memegang kuat komitmen yang sudah terjalin. Meski sepakat secara lisan tetap memiliki resiko soal pengingkaran komitmen," keluhnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Leave a Comment