Pelatih Bhayangkara FC Tak Mau Ambil Pusing soal Gagal ke Kompetisi Asia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 12 November 2017
Pelatih Bhayangkara FC Tak Mau Ambil Pusing soal Gagal ke Kompetisi Asia
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy (kiri). (Goal.com)

BolaSkor.com - Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, tak mau ambil pusing soal tidak bisanya The Guardian bermain di kompetisi level Asia. Pasalnya, Bhayangkara FC gagal mendapatkan lisensi AFC sebagai syarat utama untuk berkompetisi di Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Seperti diketahui, Bhayangkara FC mendapat kuota bermain di babak play off Liga Champions Asia, karena berhasil menjadi juara Liga 1. Namun, harapan itu pupus seiring gagalnya The Guardian mendapatkan lisensi AFC.

Lisensi AFC sendiri adalah syarat utama untuk sebuah klub Asia bermain di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Indonesia mendapat jatah di mana sang juara Liga 1 berhak ke play off Liga Champions Asia, dan posisi kedua serta ketiga bermain di Piala AFC.

Alhasil, jatah yang didapatkan Bhayangkara FC turun ke klub di bawahnya yang mendapatkan lisensi AFC. Bali United FC (posisi ke-2) berpeluang besar mendapatkan jatah ke play off Liga Champions Asia. Setelah itu, dua jatah ke Piala AFC akan jatuh ke tangan Madura United FC (posisi ke-4) dan Persija Jakarta (posisi ke-5). Sementara PSM Makassar (posisi ketiga) dan Persipura Jayapura (kelima) tidak dapat mengambil jatah Piala AFC, lantaran gagal mendapatkan lisensi AFC.

Maklum, hanya ada lima klub yang mendapat lisensi AFC, yakni Bali United FC, Madura United FC, Persija Jakarta, Arema FC, dan Persib Bandung.

"Saya belum bisa menjawabnya. Karena ada yang bilang, keputusan itu sudah final, tapi ada juga yang bilang masih ada kesempatan untuk ikut kompetisi di Asia," kata Simon McMenemy.

Bagi mantan pelatih Mitra Kukar tersebut, tugasnya adalah meramu taktik dan strategi terkait kepentingan teknis tim. Salah satunya berkonsentrasi dalam menjalani partai pamungkas Liga 1 kala menantang Persija Jakarta, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (12/11/17) malam WIB.

"Tugas saya adalah soal tim ini. Jadi untuk hal-hal di luar kepentingan tim ini, saya tidak mau memikirkannya," ungkap juru taktik asal Skotlandia tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Bhayangkara FC Simon mcmenemy Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.857

Bagikan