Pemenang Ronaldo Vs Messi Edisi 2017

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 01 Januari 2018
Pemenang Ronaldo Vs Messi Edisi 2017
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (Ist)

BolaSkor.com - Kalender 2017 sudah ditutup dan lembaran baru 2018 mulai dibuka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak yang berpendapat 2018 masih akan menjadi pertarungan antara dua megabintang, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Rivalitas kedua bintang ini memang tak ada habisnya. Selama satu dekade mereka selalu diadu. Selama itu pula keduanya mendominasi panggung sepak bola dunia.

Dari kedua pemain ini sudah terkumpul sepuluh gelar La Liga, tujuh trofi Liga Champions, dan sepuluh penghargaan Ballon d'Or. Berbagai rekor pun mereka ukir bergantian. Kini 2017 sudah berakhir, mari sejenak melihat persaingan keduanya sepanjang 2017.

PENGOLEKSI TROFI

Salah satu indikator sukses dalam sepak bola adalah jumlah trofi yang diraih. Untuk 2017, Real Madrid bersama Ronaldo menjadi pengumpul terbanyak dengan lima trofi.

Koleksi Los Blancos dimulai saat mereka menjuarai La Liga pada Mei, kemudian disusul Liga Champions pada Juni. Di musim berikut sukses berlanjut dengan kemenangan di Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan terakhir Piala Dunia Antarklub.

Sedangkan Messi, bersama Barcelona hanya berhasil meraih Copa del Rey. Dengan kata lain, dalam hal trofi, Ronaldo mengalahkan Messi.

PENGHARGAAN INDIVIDUAL

Terkait dengan sukses Real Madrid pada 2017, ini juga berimbas kepada sang bintang, Ronaldo. Pemain berusia 32 tahun itu memulai 2017 dengan menjadi Pemain Terbaik FIFA 2016 pada Januari 2017. Pencapaian serupa diulanginya pada Oktober 2017. Ronaldo juga masuk dalam FIFA FIFPro World XI.

Di ajang Liga Champions, selain mambawa Madridjadi juara, Ronaldo juga mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak. Sukses yang membawa Ronaldo dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA. Kemudian di awal Desember, Ronaldo menyabet Ballon d'Or. Ronaldo akhirnya bisa menyamai Messi dengan lima trofi Ballon d'Or.

Sementara Messi harus puas ada di belakang Ronaldo di tiap ajang penghargaan. Meski begitu Messi masih bisa merah trofi El Pichichi sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga setelah membuat 37 gol dalam 34 penampilan. Messi juga memenangi sepatu emas sebagai pemain tersubur di Eropa.

PENYERANG TERSUBUR

Untuk urusan mencetak gol, khusus tahun 2017, baik Messi dan Ronaldo harus mengakui kesuburan pemain lain. Kini predikat pemain tersubur di lima liga besar Eropa menjadi milik Harry Kane dengan membuat 56 gol untuk klub dan timnas sepanjang 2017.

Messi sendiri ada di urutan kedua dengan 54 gol. Ronaldo menyusul di urutan ketiga dengan 53 gol. Di ajang La Liga, Messi mengoleksi 41 gol sedangkan Ronaldo hanya 19. Namun Ronaldo merajalela di ajang Liga Champions dengan membuat 19 gol sepanjang 2017. Sedangkan Messi baru mengemas empat gol.

Ronaldo juga unggul saat berkostum timnas. Bersama Portugal Ronaldo mencetak 11 gol dalam 11 penampilan pada 2017. Sedangkan Messi hanya mencetak empat gol dalam tujuh penampilan bersama timnas Argentina.

Dari uraian di atas, untuk pertarungan edisi 2017, Ronaldo sukses mengalahkan Messi.

Lionel Messi Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan