Penundaan Grup Y Babak 8 Besar Liga 1 buat Program Persebaya Berantakan

Penundaan Grup Y Babak 8 Besar Liga 1 buat Program Persebaya Berantakan Persebaya Surabaya saat menggelar latihan. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Jadwal yang berubah-ubah di Grup Y Liga 2 babak 8 besar membuat para tim kontestan meradang. Dengan berbagai alasan, pertandingan sempat berkali-kali ditunda dan belum jelas kelanjutan laga kapan dan di mana digelar. Hal itu pula yang dirasakan Persebaya Surabaya.

Kini, jadwal Grup Y memang sudah diketahui bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 15-21 November mendatang. Persebaya bahkan telah tiba di Kota Bandung. Tetapi, kembali tersiar kabar jika pertandingan di Grup Y tidak mendapat izin keramaian dari kepolisian setempat.

Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera mengaku, jika belum jelasnya pelaksanaan kompetisi begitu berpengaruh terhadap timnya. Kondisi ini juga mengganggu program latihan yang sudah disiapkannya selama ini.

Namun, Alfredo enggan terlalu memikirkan jadwal pertandingan. Yang ada dibenaknya adalah bagaimana meningkatkan permainan Rendi Irwan dkk. agar terus berkembang. Ia membenarkan jika program latihan yang disusunnya amburadul.

“Jelas ini sangat mengganggu. Terpaksa harus mengubah program latihan. Bagaimanapun juga kami harus mencari keuntungan dari kondisi ini. Saya ingin saat pertandingan semua pemain siap,” tegasnya.

Selama berada di Cikarang, Alfredo terus menjaga karakter bermain Green Force. Dia membuat para pemain dapat terus mengingat gaya permainan yang diinginkannya.

“Saya berharap semua pemain kerja keras lebih ditingkatkan. Jangan berkurang sedikitpun, harus ditambah,” tandas mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Sementara itu, operator kompetisi Liga 2 menjanjikan ganti rugi kepada klub-klub peserta Grup Y. Hal itu tertuang pada surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) bernomor 437/LIB/XI/2017. Janji itu termuat pada poin ketiga yang berbunyi “Hal-hal menyangkut kerugian yang timbul atas perpindahan dan perubahan tersebut dapat disampaikan kepada LIB dan akan menjadi tanggung jawab dari LIB.”

Terkait hal tersebut, manajemen Persebaya tidak mau tergesa-gesa menanggapi. Mereka masih mengkaji agar tidak kecewa lagi. Persebaya meminta penjelasan secara langsung terkait format kompetisi selanjutnya. Mereka mempertanyakan keuntungan kontestan Grup X yang memiliki waktu jeda lebih panjang.

Seperti diketahui, dalam jadwal sebelumnya, semifinal dilangsungkan 24 November. Artinya, jika laga Grup Y diadakan pada 15 November, maka siapa pun yang lolos dari Grup Y hanya punya waktu recovery dua hari. Sebab, laga terakhir di Grup Y adalah 21 November. Itu berarti klub yang lolos dari Grup X punya waktu pemulihan kondisi fisik lebih lama, yakni 8 hari.(Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Leave a Comment