Penyebab Persija Dapat Lisensi AFC dengan Syarat

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 02 November 2017
Penyebab Persija Dapat Lisensi AFC dengan Syarat
Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade (Tribunnews.com)

BolaSkor.com - Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade, membeberkan mengapa Tim Macan Kemayoran mendapatkan lisensi AFC dengan syarat.

Seperti diketahui, Komite Lisensi PSSI telah memutuskan melalui sidang-nya bahwa hanya ada dua klub yang mendapatkan lisensi AFC tanpa syarat, yakni Persib Bandung dan Arema FC. Lalu ada 13 klub Liga 1 yang dinyatakan gagal lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC.

Sementara itu, tiga tim tersisa, yakni Persija, Bali United FC, dan Madura United FC mendapatkan lisensi AFC dengan syarat. Maksudnya, ketiga klub tersebut harus segera membenarkan kriteria B yang menjadi syarat pendukung untuk mendapatkan lisensi AFC. Jika tidak bisa memenuhinya hingga batas waktu 24 Januari 2017, maka lisensi AFC ketiganya dicabut.

"Soal lisensi, harus ada persyaratan untuk bisa main di Asia, sudah memenuhi 33 poin wajib. Yang kurang tiga poin, infratruktur Stadion Patriot tidak ada akses difabel serta dua poin keuangan yang keliru," ungkap Gede Widiade.

Sebagai informasi tambahan, ada persyaratan kriteria level A yang harus dipenuhi setiap klub untuk mendapatkan lisensi AFC. Kriteria level A wajib dipenuhi. Kriteria level A mempunyai 33 item dalam lima aspek utama penilaian, mulai dari legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Lisensi AFC merupakan syarat untuk klub-klub di Asia bermain di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Di Indonesia, sang juara Liga 1 akan bermain di Kualifikasi Liga Champions Asia, sementara posisi kedua dan ketiga klasemen akhir bakal berlaga di Piala AFC.

Jika sang juara, posisi kedua dan ketiga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah bermain di Kualifikasi Liga Champions Asia serta Piala AFC akan turun-temurun sesuai klasemen akhir hingga menemukan klub yang memilikinya.

Persija jakarta Liga 1 Gede widiade
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan