BolaSkor.com - Persija Jakarta bukan saja sukses mengunci tiket ke final Piala Presiden 2018. Macan Kemayoran juga bisa menyimpan tenaga pemain utamanya untuk partai melawan Johor Darul Takzim di Grup G Piala AFC 2018, Rabu (14/2).

Persija melaju ke partai final setelah kembali mengalahkan PSMS Medan 1-0 pada leg kedua babak semifinal di Stadion Manahan Solo, Senin (12/2). Gol tunggal kemenangan Persija dicetak Marko Simic pada menit ke-60. Mereka pun unggul agregat 5-1, karena pada partai pertama menang 4-1.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra, mengaku senang dengan catatan fantastis anak asuhnya yang melaju ke final dengan keunggulan telak. Ini karena semua pemain mengikuti sistem bermain yang dibentuk saat latihan.

"Kami bagus bisa menang 5-1 atas PSMS yang juga klub bagus, dengan pemain bagus. Tapi sekarang kami harus segera fokus untuk pertandingan Piala AFC melawan Johor," terang Stefano Cugurra dalam jumpa pers usai pertandingan.

Dalam laga kedua ini, Persija bisa menyimpan gelandang energik Rohit Chand. Pilar lain seperti Rezaldi Hehanusa, Sandi Sute, dan Novri Setiawan juga baru dimasukkan pada pertengahan babak kedua.

Sementara Marko Simic dan Jaimerson Xavier mendapat kesempatan istirahat lebih cepat, karena digantikan Bambang Pamungkas dan Gunawan Dwi Cahyo.

Pelatih yang akrab disapa Teco itu menyebut rotasi total ini sudah dilakukan Persija sejak mengikuti Suramadu Cup di Madura. Kuota pergantian enam pemain selalu dimaksimalkan agar pemainnya tak kelelahan dan menghindari cedera.

"Kadang mainnya masih bagus juga saya ganti agar mereka bisa istirahat dan menghindari cedera. Jadi bukan kali ini saja kita rotasi. Saat di Madura dan Malaysia juga saya lakukan hal sama," tuturnya.

Sementara itu, gelandang Persija Riko Simanjuntak bersyukur timnya punya peluang untuk menambah gelar pramusim. "Saya dan teman-teman sangat senang bisa masuk final. Ini menjadi motivasi bagus sebelum mengarungi kompetisi Liga 1," tukasnya. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)