BolaSkor.com - Persis Solo akan fokus meningkatkan kebugaran dalam program latihan tiga pekan ke depan. Waktu ini dirasa sudah cukup mengingat kondisi fisik Sunarto dan kawan-kawan tak mengalami penurunan signifikan.

Pelatih Persis Solo Freddy Muli mengapresiasi profesionalisme para pemainnya. Dalam tes fisik pertama yang dilakukan di lintasan atletik Stadion Manahan Solo, Rabu (10/1), para pemain mencatatkan hasil bagus. Modal ini jadi titik untuk meningkatkan kondisi dalam tiga pekan ke depan.

"Saya senang dengan hasil tes pertama ini. Mereka sudah libur cukup lama. Sebulan lebih. Tapi fisiknya tidak anjlok. Artinya selama ini mereka tetap profesional dengan berlatih mandiri," terang Freddy Muli kepada BolaSkor.com, Kamis (11/1) pagi.

Fisik tetap jadi prioritas awal. Namun begitu sentuhan bola tetap dijaga. Pekan depan Freddy ingin menggelar uji coba dengan tim lokal. Agenda itu diperlukan sebagai variasi program awal, sekaligus menjaga mental berkompetisi para pemain.

"Sentuhan bola juga harus dijaga. Makanya dalam waktu dekat akan saya lawankan tim internal. Biar tidak bosan program fisik terus," ucap pelatih asal Palopo ini.

Bicara soal skuatnya kini, Freddy menilai masih ada sederet posisi yang butuh tambahan pemain. Mulai bek kiri, bek kanan, stoper dan penjaga gawang. Sementara sektor tengah dan depan dirasa sudah cukup, sembari menunggu kejelasan regulasi tentang ada atau tidaknya kuota pemain asing.

"Kita akan cari setelah kongres PSSI. Saya yakin semua klub juga melakukan hal yang sama. Termasuk fungsi pemain asing, mau sektor mana yang ditingkatkan. Kalau ada asing, mungkin skuat musim ini 25 pemain. Kalau tidak ya 23 pemain," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pemain Chandra Waskito mengaku sangat bersemangat melahap sesi latihan. Pemain yang musim lalu berseragam PSS Sleman ini berharap bisa masuk skuat utama pada kompetisi mendatang.

"Saya berusaha melakukan yang terbaik dan semoga bisa berkontribusi untuk Persis Solo," pungkas pemain yang akrab disapa Kito tersebut. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)