Piala AFF 2016 Berlakukan Pemutihan, Tiga Pemain Indonesia Bisa Berlaga di Semifinal

satriasatria - Selasa, 29 November 2016
Piala AFF 2016 Berlakukan Pemutihan, Tiga Pemain Indonesia Bisa Berlaga di Semifinal

Piala AFF 2016 Berlakukan Pemutihan, Tiga Pemain Indonesia Bisa Berlaga di Semifinal- Timnas Indonesia dengan status runner-up Grup A melangkah ke semifinal Piala AFF Suzuki Cup 2016 akan berhadapan dengan Vietnam yang akan digelar di Stadion Pakansari Cibinong, pada 3 Desember mendatang.

Seperti diketahui, timnas Indonesia tanpa diperkuat dua bek andalan pada semifinal. Mereka adalah Rudolof Yanto Basna dan Fahcrudin Aryanto yang absen lantaran mendapat dua kartu kuning pada laga fase grup.

Selebihnya, semifinal Piala AFF 2016 memberlakukan pemutihan kartu kuning yang didapat pemain pada fase grup lalu.

Artinya, setiap pemain yang sebelumnya mendapat satu kartu kuning di fase grup, tidak terhitung lagi atau diakumulasi pada semifinal nanti.

Hal ini berdasarkan regulasi Piala AFF 2016. Dalam artikel 15 tentang peringatan dan pengusiran pemain disebutkan:"Setiap pemain yang berpartisipasi yang melalui fase grup yang mendapat satu (1) kartu peringatan (kuning) tak akan diberlakukan lagi peringatan itu di semifinal."

Dengan demikian, tiga pemain andalan timnas Indonesia aman dari ancaman akumulasi kartu kuning pada leg pertama dan kedua semifinal.

Mereka adalah Boaz Solossa, Stefano Lilipaly dan Evan Dimas yang masing-masing sudah mendapatkan kartu kuning pada laga fase grup.

Boaz didera kartu kuning saat timnas Indonesia mengalahkan timnas Singapura 2-1 pada laga terakhir Grup A.

Sementara Evan dan Lilipaly mendapatkan satu kartu kuning ketika timnas Indonesia bermain imbang dengan tuanh rumah Filipina.

Masing-masing satu kartu kuning tersebut pun dianggap tidak dihitung lagi di semifinal. Artinya, mereka masih tetap bisa main disemifinal di leg kedua seandainya pada leg pertama mendapat kartu kuning.

Namun, itu tidak berlaku bagi pemain yang mendapatkan kartu merah pada leg pertama semifinal nanti. Pemain yang bersangkutan tentu tak akan bisa tampil pada leg kedua.

Timnas Indonesia Piala AFF 2016 Timnas vietnam Alfred riedl Nguyen Huu Tang Semifinal Piala AFF 2016
Ditulis Oleh

satria

Talk Less, Do More #LetsMove
Posts

1.688

Bagikan