Polemik Keputusan Komdis PSSI di Laga Mitra Kukar Vs BFC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 08 November 2017
Polemik Keputusan Komdis PSSI di Laga Mitra Kukar Vs BFC
Laga Mitra Kukar Vs Bhayangkara FC. (PT LIga Indonesia Baru)

BolaSkor.com - Polemik terjadi di sepak bola nasional usai Komisi Disiplin mengeluarkan hasil keputusan sidang melalui surat dengan nomor 116/L1/SK/KD-PSSI/X/2017. Di mana, Mitra Kukar dinyatakan kalah dari Bhayangkara FC dengan skor 0-3. Padahal saat itu, salah satu pertandingan pekan ke-33 Liga 1 tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, 03 November lalu.

Pasalnya, Komdis PSSI menganggap Mitra Kukar menyalahi aturan dengan memainkan pemain tidak sah, yakni Mohamed Sissoko. Seperti diketahui, mantan pemain Liverpool tersebut tidak boleh bermain karena sanksi Komdis PSSI sebelumnya.

Hasil ini jelas membuat Bhayangkara FC mendapat tiga poin. Alhasil, The Guardian berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 65 poin, atau unggul head to head dari Bali United FC di posisi kedua. Hal itu bisa dilihat di situs resmi Liga 1.

Anak-anak Simon McMenemy jelas mendapat untung dari sanksi Komdis PSSI. Bhayangkara FC lebih berpeluang menjadi juara Liga 1, karena masih menyimpan dua pertandingan sisa, yakni menghadapi tuan rumah Madura United FC (08/11/17) dan Persija Jakarta (08/11/17). Sedangkan Bali United hanya menyisakan satu laga melawan Persegres Gresik United (12/11/17).

Jika Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Madura United, maka The Guardian dipastikan menjadi juara Liga 1. Sebab, biarpun Bhayangkara FC kalah dari Persija dan Bali United menang atas Gresik United, The Guardian unggul head to head.

Nota Larangan Bermain (NLB) dari PT LIB. (Istimewa)

Di satu sisi, keputusan ini jelas merugikan Mitra Kukar. Tim Naga Mekes memberikan informasi bahwa Sissoko memang tidak masuk ke dalam Nota Larangan Bermain (NLB) yang dikeluarkan operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelum pertandingan melawan Bhayangkara FC.

Kini, Mitra Kukar merasa berang. Tim Naga Mekes tengah menggelar rapat darurat atas keputusan Komdis PSSI.

Tak hanya Mitra Kukar, keputusan ini terasa mendadak di tengah hangatnya persaingan gelar juara Liga 1. Bali United dan Madura United jelas saja mengalami kerugian, karena peluang mereka sedikit mengecil.

Komdis pssi Bhayangkara FC Madura United FC Bali United FC Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan