BolaSkor.com - Indonesia Selection menjadi lawan pertama Timnas Islandia dalam turnya di Indonesia. Pertandingan akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1) malam.

Indonesia Selection diisi oleh pemain berstatus mantan dan yang belakangan terpinggirkan dari Timnas Indonesia. Para pemain Indonesia Selection dipilih berdasarkan hasil polling di situs PSSI.

I Made Wirawan dan Rivky Mokodompit terpilih untuk mengisi pos penjaga gawang karena mendapat suara banyak. Begitu juga Abduh Lestahulu, Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Ricardo Salampessy, Hamka Hamzah, Maman Abdurrahman, Zulkifli Syukur, dan Alfin Tuasalamony.

Pun dengan Manahati Lestusen, Ahmad Bustomi, Ponaryo Astaman, Ramdani Lestaluhu, Raphael Maitimo, Paulo Sitanggang, Bayu Gatra, Rizky Pora, yang terpilih mengisi barisan tengah.

Untuk lini depan, Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Titus Bonai, terpilih. Nama seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly sebetulnya mendapat suara terbanyak, namun tak bisa ikut serta karena harus bersiap bersama Bali United untuk play-off Liga Champions Asia.

Indonesia Selection ditangani oleh arsitek PSM Makassar, Robert Rene Alberts setelah sebelumnya sempat muncul nama Simon McMenemy. Dengan waktu yang minim dan pemain yang harus diterima apa adanya, wajar rasanya Robert Rene Alberts tak bisa mengumbar janji.

"Pemain bukan pilihan dari pelatih, tapi ini pilihan dari masyarakat. Semoga para pemain bisa memberikan yang terbaik," kata pelatih PSM Makassar itu.

Laga ini paling tidak diharapkan bisa menghibur masyarakat Indonesia. Ia juga berharap Islandia menjadi pelecut, karena Indonesia tentu harus malu jika melirik luas wilayah dan jumlah penduduk.

"Ini sangat spesial. Islandia dengan penduduk yang sedikit, tapi mereka hebat bisa masuk ke Piala Dunia. Semoga Islandia bisa memberikan pelajaran bagi sepak bola Indonesia," jelas pelatih asal Belanda itu.

Hamka Hamzah juga mengamini bekas pelatihnya di skuat Juku Eja. "Ini pilihan masyarakat sehingga saya bergabung. Saya menghargai masyarakat. Dengan persiapan minim tentu jangan melihat hasil meski kami harus mengeluarkan seluruh kemampuan."

Sementara itu, Timnas Islandia juga hadir dengan kondisi tidak sempurna. Sejumlah pemain terganjal bergabung karena tak dilepas klubnya.

Laga yang tak digelar saat FIFA Match Day jadi sebab nama seperti Aron Gunnarsson (Cardiff City), Johan Berg Guomundsson (Burnley), Birkir Bjarnason (Aston Villa), Gylfi Sigurosson (Everton), dan Emil Hallfreosson (Undinese) tak wajib gabung dan Ragnar Sigurosson (Rubin Kazan) serta Sverrir Ingi Ingason (FC Rostov) batal merapat.

Mayoritas pemain yang dibawa pun minim pengalaman dan berusia muda. Hanya saja pemain yang dibawa bisa jadi akan menunjukkan performa terbaik karena laga ini termasuk melawan Timnas Indonesia pada 14 Januari menjadi kesempatan unjuk gigi dan ajang pembuktian pantas berada mewakili negara dan dapat slot mentas di Piala Dunia 2018.

"Kami juga ingin mendapat pengalaman, termasuk bermain di cuaca yang panas. Karena di Islandia itu minus lima derajat celcius. Selain Indonesia, kami akan uji coba dengan negara di Afrika dan Amerika Latin. Uji coba ini sangat baik untuk tim mempersiapkan diri ke Piala Dunia 2018," kata pelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson.

Pemain Kunci

Ramdani Lestaluhu (Indonesia Selection)

Sejak kembali mendapat kepercayaan di Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu punya grafik bagus. Ia juga berkali-kali menjadi faktor penentu skuat Macan Kemayoran.

Bermain untuk tim berlabel Indonesia, Ramdani Lestaluhu tentu ingin menunjukkan sekali lagi bahwa dirinya belum habis. Kesempatan ini akan dikonversinya untuk bisa dilirik.

Arnor Smarason (Timnas Islandia)

Pemain berusia 29 tahun ini berposisi sebagai pemain sayap dan bisa menyokong ujung tombak. Pengalaman bersama Timnas Islandia akan membuat menjadi sosok penting di skuat yang diisi banyak pemain muda dan minim pengalaman.

Arnor Smarason telah mencatatkan 23 laga bersama Timnas Islandia dengan mencatatkan dua gol. Ia menjadi pemain kedua dengan caps terbanyak setelah Olafur Skulason, yang membukukan 32 pertandingan.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia Selection: I Made Wirawan, Abduh Lestaluhu, Achmad Jufriyanto, Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, Manahati Lestusen, Raphael Maitimo, Rizky Pora, Ramdani Lestaluhu, Bambang Pamungkas, Greg Nwokolo

Timnas Islandia: Runar Runarsson, Haukur Hauksson, Jon Fjoluson, Holmar Orn Eyjolfsson, Bodvar Bodvarsson, Aron Sigurdarson, Arnon Smarason, Olafur Ingi Skulason, Arnor Traustason, Kristjan Finnbogason, Ottar Karlsson

Tiga Laga Terakhir Timnas Islandia

14 November 2017: Qatar 1-1 Islandia (Uji Coba)
8 November 2017: Republik Ceko 2-1 Islandia (Uji Coba)
9 Oktober 2017: Islandia 2-0 Kosovo (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

Prediksi BolaSkor.com: 45-55