BolaSkor.com - Persija Jakarta bertemu dengan Johor Darul Ta'zim di laga pertama Grup H Piala AFC 2018, Rabu (14/2). Laga akan dijalani di kandang JDT, Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Larkin.

Laga ini penuh gengsi. Terlebih Persija Jakarta dan Johor Darul Ta'zim mewakili negara, Indonesia dan Malaysia.

Di kancah sepak bola, persaingan Indonesia dan Malaysia begitu sengit dan tak biasa. Perseteruan yang terjadi selama ini menjadi sebab.

Persija Jakarta juga membawa nama sebagai salah satu tim besar Indonesia, yang kini sedang bangkit. Dukungan dari suporter yang hadir langsung di stadion tentu membuat Macan Kemayoran ingin membalas dengan hasil positif.

"Saatnya menunjukkan Persija tim besar. Kami respek dengan JDT, tapi kami yakin Persija lebih besar dari JDT. Kami sepakat datang bukan untuk kalah," kata Rudi Widodo.

Sayang Persija datang tak dengan kekuatan penuh. Beberapa nama andalan termasuk Marko Simic dilaporkan tak dibawa. Ini dilakukan untuk memberi istirahat sehingga siap melakoni laga final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2).

Meski demikian, Persija tengah dalam kepercayaan diri yang bagus. "Agak lelah, tapi kami siap untuk laga nanti. Kami sangat senang (setelah 16 tahun tampil di kompetisi AFC lagi). Suporter juga sangat bersemangat," jelas pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

Adapun Johor Darul Ta'zim tentu tak ingin tersungkur. Harimau Selatan tentu akan malu, mengingat bermain di kandang.

JDT juga membawa status juara Liga Super Malaysia 2017. Itu merupakan gelar keempat yang diperoleh secara berturut-turut di kompetisi kasta tertinggi Malaysia.

"Kami tahu kemampuan skuat Persija Jakarta. Mereka merupakan salah satu klub terbaik Indonesia dan juga klub besar di sana (Indonesia). Kami tidak bisa memandang remeh mereka. Mereka punya kekuatan tersendiri. Kami tidak akan memandang remeh pasukan lawan dan akan fokus ke tim sendiri," kata Safiq Rahim.

"Siapapun yang diturunkan pelatih tentu akan melakukan yang terbaik untuk Johor Darul Ta'zim. Kami akan memberikan 100 persen komitmen untuk meraih tiga poin," tambahnya.

Pelatih Johor Darul Ta'zim percaya diri bisa meraih hasil bagus. "Satu hal yang baik dalam tim adalah kami merasakan semua pemain mau bermain untuk laga. Bagi kami di jajaran tim pelatih, ini tentu memudahkan kami memilih pemain karena kami tahu beberapa pemain telah bekerja keras dalam laga sebelumnya dan mereka masih punya semangat untuk laga nanti."

Prakiraan Susunan Pemain

Johor Darul Ta'zim: Haziq Nadzli, S. Kunanlan, Adam Nor Azlin, Fadhli Shas, La'Vere Corbin-Ong, Safiq Rahim, Harris Harun, Natxo Insa, Hazwan Bakri, Luciano Figueroa, Jorge Pereyra Diaz

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Valentino Telaubun, Jaimerson Silva, Gunawan Dwi Cahyo, Rezaldi Hehanusa, Sandi Sute, Yan Peter Nasadit, Riko Simanjuntak, Fitra Ridwan, Novri Setiawan, Addison Alves

Pemain Kunci

Natxo Insa (JDT)

Saudara dari eks Arema FC, Kiko Insa ini merupakan penghubung bola dari belakang ke depan. Ia memiliki umpan-umpan akurat yang membuka peluang untuk lini depan Johor Darul Ta'zim. Assist dan gol sudah dibuatnya sebelum pertemuan dengan Macan Kemayoran.

Addison Alves (Persija)

Striker asal Brasil ini diperkirakan menjadi pilihan utama Stefano Cugurra Teco. Mengingat Marko Simic dilaporkan tidak dibawa bersama nama lain untuk dipersiapkan melakoni final Piala Presiden 2018. Dengan status pemain baru, Addison Alves tentu punya motivasi tinggi di lapangan ketika dimainkan.

Lima Laga Terakhir

JDT

11/02/18: Kuala Lumpur FA 1-0 Johor Darul Ta'zim (Liga Super Malaysia)
06/02/18: Johor Darul Ta'zim 3-0 PKNP FC (Liga Super Malaysia)
03/02/18: Johor Darul Ta'zim 2-1 Kedah FA (Liga Super Malaysia)
23/01/18: Muangthong United 5-2 Johor Darul Ta'zim (Kualifikasi LCA)
15/01/18: Port FC 1-0 Johor Darul Ta'zim (Uji Coba)

Persija

12/02/18: Persija Jakarta 1-0 PSMS Medan (Piala Presiden 2018)
10/02/18: PSMS Medan 1-4 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)
04/02/18: Mitra Kukar 1-3 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)
29/01/18: Bali United 3-2 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)
24/01/18: Borneo FC 0-2 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)

Prediksi BolaSkor.com: 45-55