BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Islandia, pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1) malam WIB. Laga ini sekaligus menjadi moment peresmian SUGBK usai renovasi untuk ajang Asian Games 2018, Agustus mendatang. Rencananya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir langsung ke stadion untuk meresmikan SUGBK.

Tak hanya itu, laga ini bakal berjalan seru, mengingat ini sebagai langkah awal persiapan Timnas U-23 untuk berlaga di Asian Games 2018. Rata-rata pemain Timnas saat menghadapi Islandia merupakan penggawa U-23, ditambah beberapa pemain senior yang diproyeksikan masih ke Skuat Garuda U-23 untuk Asian Games 2018. Seperti diketahui, regulasi cabang olah raga sepak bola memperbolehkan setiap tim memakai tiga pemain senior.

Pelatih Timnas, Luis Milla, Timnas akan bermain seperti biasa dengan sentuhan bola-bola pendek. Hal itu dilakukan karena pemain Islandia memiliki postur tubuh yang besar, dengan didukung fisik kuat. Tentu jika bermain bola panjang, para pemain Timnas kalah duel dengan anak-anak asuhan Heimir Hallgrímsson.

“Islandia memiliki fisik dan postur tubuh yang tinggi serta bagus. Kami akan memainkan permainan bola umpan pendek cepat dari kaki ke kaki. Jangan sampai kehilangan bola terus menerus. Tapi, Islandia pasti akan bermain dengan baik. Saya harap pertandingan besok berjalan seru,” ucap Luis Milla saat konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (13/1).

Konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia Vs Islandia. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

Di sisi lain, pelatih timnas Islandia, Heimir Hallgrímsson, menyebut laga uji coba kontra Timnas Indonesia merupakan salah satu persiapan untuk The Our Boys tampil ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Persiapan yang dimaksud adalah mencoba pemain-pemain muda dengan kombinasi penggawa senior untuk pembentukan tim. Lalu menghadapi permainan sepak bola negara-negara di luar Eropa.

"Seperti pertandingan sebelumnya, kami sangat senang di sini (Indonesia). Masyarakat Indonesia sangat ramah. Kami disambut dengan baik. Ini sebuah pengalaman berharga bagi Federasi Sepak Bola Islandia (KSI) dan timnas Islandia. Pertandingan besok, kami harapkan menjadi laga yang seru dan lebih baik lagi dari sebelumnya," ucap Heimir dalam konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (13/1).

"Januari bukan waktu yang ideal untuk uji coba, karena pemain kami yang bermain di klub elite Eropa sedang sibuk di sana. Jadi, kami bawa pemain senior dan muda, agar pemain muda dapat menambah pengalaman. Kami ingin uji coba dengan negara di luar Eropa, agar kami dapat memahami permainan beberapa negara di luar Eropa. Karena kami bermain di Piala Dunia 2018, yang pesertanya adalah ada negara di luar Eropa."

Timnas kemungkinan besar akan memainkan formasi 4-2-3-1. Sedangkan Islandia menggunakan formasi 4-4-2.

Konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia Vs Islandia. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

Pemain Kunci

Evan Dimas (Timnas Indonesia)

Evan Dimas bakal menjadi pemain kunci Timnas Indonesia. Pemain Selangor FA ini merupakan pengatur ritme permainan dan otak serangan Timnas Indonesia.

Arnor Smarason (Timnas Islandia)

Arnor Smarason merupakan pemain yang berposisi sebagai sayap. Ia merupakan salah satu pemain yang memiliki jam terbang senior bersama The Our Boys, dengan catatan 23 penampilan. Ia sudah mencetak dua gol selama menjalani caps-nya tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, Putu Gede Juni Antara, Rezaldi Hehanusa; Muhammad Hargianto, Evan Dimas; Febri Hariyadi, Andik Vermansah, Septian David Maulana; Boaz Solossa.

Timnas Islandia (4-4-2): Runar Runarsson; Haukur Hauksson, Jon Fjoluson, Holmar Orn Eyjolfsson, Bodvar Bodvarsson; Aron Sigurdarson, Arnon Smarason, Olafur Ingi Skulason, Arnor Traustason; Kristjan Finnbogason, Ottar Karlsson.

Empat Pertandingan Terakhir Islandia:

11 Januari 2018: Indonesia Selection 0-6 Islandia (Uji Coba)
14 November 2017: Qatar 1-1 Islandia (Uji Coba)
8 November 2017: Republik Ceko 2-1 Islandia (Uji Coba)
9 Oktober 2017: Islandia 2-0 Kosovo (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

Tiga Pertandingan Terakhir Timnas Indonesia:

-14 Desember 2017: Timnas Indonesia 0-1 Kyrgistan (AWSC 2017)
-4 Desember 2017: Timnas Indonesia 3-2 Mongolia (AWSC 2017)
-2 Desember 2017: Timnas Indonesia 4-0 Brunei Darussalam (AWSC 2017)

Prediksi BolaSkor.com: 40-10-50