PSM Masih Optimistis Dapat Lisensi AFC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 26 Oktober 2017
PSM Masih Optimistis Dapat Lisensi AFC
CEO PSM Makassar, Munafri Arifudin (tengah). (Tribunnews.com)

BolaSkor.com - PSM Makassar masih optimistis untuk bisa mendapatkan lisensi klub profesional standar AFC. Tim berjuluk Juku Eja tersebut akan mengajukan banding.

Seperti diketahui, Komite Lisensi PSSI telah memutuskan hanya ada dua klub yang lolos verifikasi dan mendapatkan lisensi AFC, yakni Arema FC dan Persib Bandung, Kamis (26/10/17). Lalu ada tiga klub berpeluang menyusul dengan melengkapi syarat verifikasi hingga batas waktu tiga bulan ke depan, yakni Persija Jakarta, Bali United FC, dan Madura United FC.

Dengan begitu, ada 13 tim yang tidak lolos verifikasi. Tiga tim di antaranya adalah penghuni papan atas klasemen sementara Liga 1, yakni PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Bhayangkara FC.

13 tim tersebut diberi batas waktu hingga dua hari ke depan setelah putusan untuk melakukan banding. Nantinya pengumuman banding akan diumumkan pada 31 Oktober 2017 mendatang.

Sungguh disayangkan jika PSM, Persipura, Bhayangkara FC tidak mendapatkan lisensi AFC. Sebab, ketiga memiliki peluang besar untuk bermain di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Lisensi AFC sendiri menjadi syarat untuk bermain di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Ada lima aspek penilaian, mulai dari legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, dan sporting (pembinaan usia dini).

Indonesia mendapat jatah dengan mengirimkan juara Liga 1 berhak tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia tahun depan. Sementara posisi runner-up dan peringkat ketiga Liga 1 bermain di Piala AFC.

"Kami pada awalnya sudah memberikan kriteria 33 level A untuk memenuhi syarat verifikasi lisensi AFC. Saya yakin kita lolos untuk verifikasi lisensi AFC nantinya (usai banding)," kata CEO PSM, Munafri Arifudin.

Psm makassar Liga 1 Lisensi afc Afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.997

Bagikan