PSSI Jelaskan Secara Detail Tugas Cristian Gonzales di Timnas U-19

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 27 November 2017
PSSI Jelaskan Secara Detail Tugas Cristian Gonzales di Timnas U-19
Cristian Gonzales (kiri) saat beraksi bersama Arema FC. (PT LIB)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Joko Driyono menjelaskan secara detail tugas Cristian Gonzales di Timnas Indonesia U-19 nantinya. Ia mengatakan, pemain yang akrab disapa El Loco tidak berperan sebagai asisten pelatih dalam hal segi teknis sesuai peraturan kepelatihan di Timnas.

Melainkan, tugas penyerang Arema FC itu sebagai mentor atau motivator untuk para pemain muda. Pasalnya, El Loco belum bisa terjun menjadi asisten pelatih dalam segi teknis, mengingat sampai saat ini tidak memiliki lisensi kepelatihan. Di mana, seorang asisten pelatih Timnas harus memiliki lisensi A AFC.

"Saya sudah menyampaikan beberapa catatan. Pertama, PSSI tetap harus menjaga coaching start (peraturan kepelatihan) di Timnas. Gonzales tidak dalam status asisten pelatih, tetapi pendamping. Menjadi role mode bagi pemain Timnas U-19, khususnya striker," kata Joko Driyono.

Tak hanya Gonzales, Joko Driyono membeberkan, nantinya ada dua legenda sepak bola Indonesia yang juga ikut atau berperan sama dengan El Loco.

"Tadi kami sempat sampaikan juga ke Indonesia Football Legend, dan mereka merekomendasikan bahwa akan tambah satu atau dua orang lagi yang bisa memberikan bimbingan khusus (layaknya Gonzales) di area-area tertentu misalnya, dan ini akan digodok oleh coach Luis Milla dan Dirtek (Direktur Teknik Timnas, Danurwindo)," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden AFF tersebut.

Meski begitu, ia menampik bahwa diikutsertakannya Gonzales di Timnas U-19 sebagai langkah secara halus untuk memaksa pemain berumur senja untuk segera banting stir menjadi pelatih profesional ke depannya. Namun, PSSI akan menyiapkan progam akselerasi untuk El Loco mendapatkan lisensi AFC secepatnya.

"Tidak ada yang memaksa, tetapi panggilan di Timnas sebagai pelatih, saya rasa bukan sesuatu pilihan yang dipaksakan. Ini adalah impian bagi setiap pemain dan ini sebenarnya adalah komitmen Gonzales dan PSSI melalui Ketum (Edy Rahmayadi) menjelang kompetisi musim kemarin berjalan. PSSI menyiapkan progam akselerasi unuk Gonzales agar dapat sertifikat AFC secepatnya," tutup Joko Driyono.

Seperti diketahui, sebelumnya Ketum PSSI, Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa Bima Sakti menjadi pelatih kepala Timnas U-19. Sementara itu, El Loco bakal mendampingi Bima Sakti di Skuat Garuda Nusantara.

Cristian gonzales Timnas Indonesia U-19 PSSI
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan