BolaSkor.com - Peraih lima Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo, akan berhadapan langsung dengan calon peraih Ballon d'Or di masa depan, Neymar, saat pertandingan 16 besar leg pertama Champions League dimulai.

Real Madrid akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu di Santiago Bernabeu, sebelum menyambangi markas Paris Saint-Germain (PSG), Parc des Princes, pada Maret mendatang.

Berbicara pertarungan kedua tim, Madrid jelas diunggulkan jika konteksnya membahas sejarah dan pengalaman di Eropa. Tapi, dari segi kualitas individu pemain, kedua tim sama kuatnya, dengan andalan terbaik keduanya adalah Ronaldo dan Neymar.

Pertarungan Ronaldo dan Neymar memang akan menjadi perhatian publik di laga nanti. Keduanya memiliki karakter pemain besar, yang dapat menentukan hasil akhir pertandingan dengan kemampuan mereka untuk tampil oke di laga besar.

Sebelum melihat langsung duel pemain berusia 33 tahun (Ronaldo) dan pemain berusia 26 tahun (Neymar), ada statistik menarik yang dikategorikan dengan angka, yang dirangkum oleh Opta. Apa saja statistik tersebut?

Statistik Berdasarkan Angka

23: Cristiano Ronaldo telah mencetak gol lebih banyak musim ini (23 gol) dibanding 28 penampilan kompetitif yang dilakukannya pada musim 2016/17 (21 gol), meski bermain lebih sedikit (2344 menit vs 2493 menit).

27: Neymar mencetak persis satu gol per laganya di seluruh kompetisi. Ronaldo mencetak 23 gol dalam 28 pertandingan setelah performanya membaik belakangan ini, meskipun gol rata-ratanya tiap 102 menit tidak terlalu efisien, sejak bergabung dengan Madrid pada tahun 2009.

9: Champions League merupakan ajang favorit Ronaldo. Dia mencetak gol di seluruh laga penyisihan grup, mencetak sembilan gol untuk unggul tiga gol dari Neymar.

5: Kedua pemain menambah gol kala mengkonversi peluang dari penalti lima kali, meskipun Ronaldo tidak dipaksa berargumentasi dengan Edinson Cavani (menyindir argumen Neymar dan Cavani).

188: Ronaldo melepaskan usaha tendangan tepat sasaran yang banyak dan melewati Neymar, meskipun rivalnya hanya 126 kali melakukan percobaan. Mereka telah melepaskan 72 dan 58 tendangan tepat sasaran.

30: Neymar terlibat dalam 30 gol setelah hanya tampil 18 kali di Ligue 1 - dia mencapai pencapaian 37 laga La Liga dengan Barcelona

14: Neymar tiga kali lipat membuka ruang untuk rekan setimnya di PSG ketimbang Ronaldo di Madrid, dengan lima assists. Eks Barca favorit menciptakan 89 peluang berbanding 35 Ronaldo.

318: Jumlah dribel Neymar kala bermain kandang dan tandang musim ini, dengan 189 di antaranya sukses (melewati lawan). Ronaldo 59 kali melakukannya dan 35 kali berhasil.

Kesimpulan

Kedua pemain punya gaya bermain yang berbeda. Ronaldo lebih klinikal melalui usahanya membobol gawang lawan, serta kemampuan mengeksekusi bola ketika berada di area penalti. Sedangkan Neymar, lebih imajinatif dalam permainannya.

Neymar, laiknya pemain Brasil lainnya, memiliki banyak trik untuk mengelabui lawan dengan kemampuannya mengolah bola. Ia juga lebih aktif bergerak di sisi sayap, sebelum melakukan penetrasi ke pertahanan lawan.

Neymar, mungkin bisa bermain di Madrid suatu saat nanti. Entah sebagai tandem Ronaldo, atau penggantinya. Belakangan ini, rumor Neymar bergabung dengan Los Blancos semakin santer beredar, karena diduga, level bermain Ligue 1 tidak kompetitif.