BolaSkor.com - Kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon menegaskan tak punya keinginan menjadi seorang pelatih di sebuah klub, bila akhirnya memutuskan pensiun.

Gianluigi Buffon yang sudah berusia 40 tahun ini, semakin mendekat di akhir karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

Kontraknya bersama Juventus akan habis pada Juni 2018. Di sisa kontraknya ini, sang kiper diprediksi akan pensiun pada akhir musim ini.

Ketika ditanya oleh sejumlah wartawan mengenai rencana masa depannya nanti, Gianluigi Buffon secara terbuka belum memikirkan secara pasti meskipun sudah meminta masukan dari pelatih senior Marcelo Lippi.

"Apa yang akan saya lakukan setelah ini? Saya belum memikirkannya. Beberapa hari lalu saya meminta masukan Lippi lewat telepon. Dia memberi anjuran agar saya beristirahat total selama satu tahun," ujar Buffon kepada La Repubblica.

"Dia meminta saya untuk melihat sepakbola dari dunia luar dengan sedikit bersikap objektif dan mencari tahu apa yang benar-benar membuat saya tertarik. Saya pastikan tak akan mencari sesuatu yang nyaman. Selalu lebih baik hidup dengan sedikit kegelisahan."

"Apakah saya akan menjadi pelatih? Jika itu terjadi saya tak akan menjadi pelatih klub. Saya memiliki pasangan dan tiga anak yang menyayangi sepenuh hati dan 28 tahun hidup, yang mana orang-orangnya diatur dari menit ke menit."

Meski begitu, Gianluigi Buffon tak menutup peluang suatu saat menukangi timnas Italia. Namun momen itu tidak dalam waktu dekat ini.

"Saya tak keberatan bekerja sebagai pelatih tim nasional. Ini adalah komitmen yang menggugah, dengan sebuah tanggung jawab institusi dan edukasi, mewakili sebuah negara, mempersatukan dan bukan memecahnya," sambungnya.

"Melatih Italia? Tidak. Saya cuma mengatakan ingin melatih tim nasional, bukan berarti saya akan melakukannya untuk Azzurri," tandasnya.