BolaSkor.com - Mantan bintang AC Milan, Real Madrid, dan juara Piala Dunia 2002 bersama Brasil, Ricardo Kaka resmi mengundurkan diri sebagai pemain. Pemain berusia 35 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya kepada dunia lewat akun twitter pribadinya.

Kaka mengawali karier sebagai pemain profesional bersama Sao Paulo dan terakhir membela klub asal Amerika Serikat Orlando City FC. Kaka sudah melakoni laga terakhirnya bersama Orlanda saat kompetisi MLS berakhir pada Oktober lalu.

Sebagai pemain, Kaka dikenal memiliki skill tinggi dalam menaklukkan lawan. Dia juga piawai dalam membuat gol cantik. Selain itu visinya dalam membaca permainan sangat membantu rekan setimnya membuat gol.

Bersama timnas Brasil, Kaka tercatat sudah tampil 92 kali dengan sumbangan 29 gol. Kaka menjadi salah satu bintang saat Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. Dia juga membantu Milan menjadi kampiun Liga Champions 2007 dan menggondol trofi Ballon d'Or pada tahun yang sama.

Tak dimungkiri lagi, masa keemasan Kaka terjadi saat enam tahun bersama Milan antara 2003 hingga 2009. Bersama Milan Kaka menjadi juara Serie A pada 2004 dan Piala Dunia Antarklub 2007.

Kaka bergabung dengan Madrid pada 2009 dengan bayaran 56 juta pound, termahal kala itu. Bersama Madrid Kaka memenangi Copa del Rey 2011 dan juara La Liga setahun kemudian. Setelah menderita cedera, Kaka sempat kembali ke Milan pada 2013 sebelumnya akhirnya terbang ke Amerika Serikat untuk memperkuat Orlando City.

Kaka merupakan satu dari delapan pemain yang sukses menjuarai Piala Dunia, Liga/Piala Champions, dan meraih Ballon d'Or. Tujuh pemain lain yang meraih sukses serupa adalah Bobby Charlton, Gerd Muller, Franz Beckenbauer, Paolo Rossi, Zinedine Zidane, Rivaldo, dan Ronaldinho.

Dalam pengumuman pengunduran diri, Kaka menyatakan siap melanjutkan perjalanan berikut dalam hidupnya. "Terima kasih! Sekarang saya siap untuk perjalanan berikut."

Belum diketahui apa yang akan dilakukan Kaka usai gantung speatu. Namun media Brasil, Globo Sport, menyebut Kaka sedang menyiapkan diri menjadi direktur sepak bola.

"Saya perlu waktu untuk berpikir dan membuat keputusan dengan tenang dan matang," ujar Kaka. "Saya akan berkonsultasi dengan orang-orang terdekat sekaligus melihat proposal yang datang."
"Kini, petualangan baru akan tiba. Saya ingin merasakan sepak bola dari sisi lain, sebagai seorang manajer atau direktur olahraga. Seseorang yang berdiri antara lapangan dan klub," ujarnya.