Rider Keturunan Ambon Akhirnya Debut di MotoGP

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 24 Oktober 2017
Rider Keturunan Ambon Akhirnya Debut di MotoGP

BolaSkor.com - Akhirnya kesempatan itu datang juga. Bintang World Superbike Michael van der Mark dipanggil untuk turun membalap di ajang MotoGP. Dia bakal menggantikan rider Tech Yamaha Jonas Folger yang belum pulih dari sakit.

Van der Mark sudah dipanggil Yamaha ke Sirkuit Aragon bulan lalu untuk menggantikan legenda hidup MotoGP Valentino Rossi yang mengalami patah kaki saat berlatih motocross akhir Agustus lalu.

Tapi ternyata dokter MotoGP memberikan lampu hijau kepada Rossi untuk membalap. Jadilah Van der Mark gagal melakoni debutnya di MotoGP.

Tentu Van der Mark agak kecewa kehilangan kesempatan itu. Namun dalam jumpa pers di Aragon, Rossi sudah memberikan sinyal bahwa Yamaha akan memberikan kesempatan di akhir musim kepada pembalap asal Belanda tersebut di akhir musim. Meskipun tidak menyebutkan persisnya kapan.

Kesempatan datang setelah Folger jatuh sakit jelang GP Jepang. Yamaha kemudian memanggil rider lokal Kohta Nozane sebagai penggantinya. Folger masih absen di GP Australia, di Philip Island Minggu kemarin. Tapi Yamaha tak juga memanggil Van der Mark. Rider Australia Broc Parks yang mendapat jatah.

Di Malaysia akhir pekan ini Yamaha akhirnya menunjuk Van der Mark. Dia bakal menunggang Yamaha YZR M1 keluaran 2016 yang menjadi senjata tim Tech3 Yamaha. Dalam beberapa kondisi, seperti trek basah motor ini lebih stabil ketimbang motor pabrikan utama yang dikendarai Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Sosok Van der Mark cukup menarik terutama bagi penggila motorsport di Indonesia. Rider 24 tahun itu memiliki darah keturunan dari Ambon, Maluku. Hal itu sudah diakuinya melalui akun Instagram-nya beberapa waktu lalu.

Dalam Akun Instagramnya Van der Mark menulis "Saya mendapat banyak pertanyaan soal Insta Story yang diunggah beberapa hari lalu. Ya, saya punya darah Indonesia! Nenek saya berasal dari Ambon, ibu saya 50% orang Indonesia. Jadi itulah alasan saya suka makan masakan Indonesia." (k-1/ysf)