BolaSkor.com - Bagi negara sekaliber Belanda, absen dalam dua turnamen besar secara beruntun itu merupakan aib. Apalagi mereka dahulu pernah mempopulerkan gaya main yang menginspirasi banyak orang, bernama Totalvoetball alias sepak bola ofensif.

Sejak terakhir berpatisipasi di Piala Dunia 2014, performa Belanda langsung anjlok kala gagal lolos kualifikasi Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Pergantian pelatih telah dilakukan dari Guus Hiddink, Danny Blind, hingga Dick Advocaat. Namun di antara mereka, tidak ada yang mampu mengangkat performa Belanda.

Kini, tanpa partisipasi di Piala Dunia 2018, Belanda coba membuka lembaran baru bersama pelatih baru. KNVB, selaku federasi sepakbola Belanda, telah resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih anyar Der Oranje. Koeman dikontrak selama empat tahun dengan target: lolos Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Ronald Koeman saat memperkuat Timnas Belanda

"KNVB telah mencapai kesepakatan dengan Ronald Koeman tentang penunjukkan pelatih Timnas Belanda. Koeman telah teken kontrak yang mengikatnya dengan Orange sampai dengan Piala Dunia 2022," bunyi pernyataan KNVB, diberitakan The Sun.

Koeman (54 tahun) pun tak kuasa menahan kebahagiaan ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda, "Saya dengan bangga mengumumgkan bahwa saya manajer baru Timnas Belanda. Senang berada di sini dan melayani negara menuju Euro 2020!" tambah Koeman.

Pelatih kelahiran Zaandam, 21 Maret 1963 pernah menjadi asisten pelatih Timnas Belanda pada tahun 1997-1998. Saat masih aktif bermain, Koeman juga telah mengemas 78 caps dan 14 gol pada periode 1982-1994. Dalam kurun waktu tersebut, ia sukses meraih Euro 1988.

Timnas Belanda merupakan pelabuhan baru bagi Koeman yang dipecat Everton musim ini. Sebelumnya, ia pernah melatih Vitesse Arnhem, Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, dan Southampton. Koeman diharapkan dapat memulai generasi baru Belanda setelah berakhirnya era Arjen Robben, Wesley Sneijder, Robin van Persie, da Klaas-jan Huntelaar.