BolaSkor.com - Ronaldinho akan meninggalkan lapangan hijau pada 2018 ini. Banyak kenangan spesial sepanjang karier pemain yang lihai mengolah bola ini.

Berikut empat momen terbaik Ronaldinho bersama Barcelona dan timnas Brasil.

1. Permalukan David Seaman dan Inggris

Gol kemenangan Brasil atas Inggris pada perempat final Piala Dunia 2002 masih diingat pencinta sepak bola, terlebih bagi seorang David Seaman, kiper Inggris saat itu. Ronaldinho, entah sengaja atau tidak, melepaskan tembakan lambung melengkung yang mengelabui David Seaman. Meski sudah berusaha keras, sang kiper tak kuasa menahan bola masuk ke dalam gawangnya. Gol membuat Brasil unggul 2-1.

2. Debut Camp Nou

Sejarah Barcelona dan La Liga akan berbeda jika presiden Barcelona kala itu Joan Laporta berhasil mendapatkan David Beckham pada 2003, seperti yang dijanjikannya. Namun, Real Madrid mengalahkan Barcelona dalam perburuan bintang Inggris itu. Akhirnya Barcelona memilih mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain.

Ronaldinho langsung mengambil hati publik Camp Nou lewat aksi menawannya di penampilan perdananya. Mengusai bola di daerah sendiri, Ronaldinho meluncur ke depan, melakukan slalom melawati dua pemain lawan dan kemudian melepaskan sepakan deras dari sekitar 30 meter.

3. Gol Ujung Jari di Stamford Bridge

Gol ujung kaki alias The toe poke umumnya dibuat ujung tombak saat berada di depan gawang. Pada Maret 2005 di ajang Liga Champions melawan Chelsea, Ronaldinho berkreasi dengan membuat gol dengan ujung kakinya dari luar kotak penalti.

4. Menyihir Bernabeu

Sangat jarang seorang pemain yang tampil di kandang lawan mendapatkan standing ovation dari publik tuan rumah, terlebih di Santiago Bernabeu dalam El Clasico.

Jikapun ada yang bisa melakukan itu adalah Ronaldinho. Pada November 2005, Santiago Bernabeu menjadi panggung Ronaldinho menunjukan magisnya. Ronaldinho seperti seorang diri menghancurkan Real Madrid. Barcelona menang 3-0. Ronaldinho menyumbang dua gol dan gol keduanya yang membuat publik Santiago Bernabeu tak kuasa ikut memberikan apresiasi.