BolaSkor.com - Bintang Brasil Ronaldinho gantung sepatu tahun ini. Serangkaian even perpisahan pun sudah disiapkan, termasuk beberapa laga perpisahan.

Ronaldinho bulan lalu memang sudah mengatakan berencana untuk pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2018. Bintang yang pernah memperkuat Barcelona ini sebenarnya sudah absen dari ajang kompetisi sejak terakhir kali membela Fluminense pada 2015.

Dalam wawancara dengan Globo, kakak sekaligus agen Ronaldinho, Roberto Assis mengabarkan kabar mundurnya sang adik. Saat ini pihaknya sedang merencanakan tur dunia sebagai bagian dari perpisahan.

"Dia berhenti dari sepak bola. Semuanya selesai. Sekarang tinggal melakukan sesuatu yang bagus. Perpisahannya harus besar, setelah Piala Dunia 2018, mungkin Agustus," ujar Roberto.

"Kami akan menggelar beberapa acara di Brasil, Eropa, dan Asia. Dan tentu saja kami juga merancang sesuatu bersama timnas Brasil," lanjutnya.

Untuk menggelar rangkaian perpisahan ini, Ronaldinho mendapat dukungan dari Nike, yang lama menjadi sponsor utamanya. Meski begitu, pihak Ronaldinho belum mau melansir rincian rangkaian acaa perpisahan yang dimaksud.

"Saat ini ada tiga acara yang sedang dirancang. Meksiko akan menjadi tempat berikutnya pada 1 Maret mendatang," papar Roberto.

Sepanjang kariernya Ronaldinho sudah 97 kali membela Brasil dan membuat 33 gol. Ronaldinho hijrah ke Eropa saat bergabung dengan Paris Saint-Germain. Namun, dia baru bersinar saat berkostum Barcelona dari 2003 hingga 2008.

Ronaldinho menjadi pilar saat Barcelona menjadi juara La Liga dua musim berturut-turut, 2004-05 dan 2005-06, pun ketika merebut trofi Lga Champions 2005-06.

Catatan Prestasi Ronadinho
2 – LaLiga
2 – Supercopa de Espana
1 – World Cup
1 – Copa America
1 – Confederations Cup
1 – Champions League
1 – Serie A
1 – Copa Libertadores
2 – FIFA World Player of the Year
1 – Ballon d'Or
1 – South American Footballer of the Year
1 – 1999 Confederations Cup Golden Ball