Setia kepada Cantona, Sir Alex Ferguson Tolak Zidane

Setia kepada Cantona, Sir Alex Ferguson Tolak Zidane Sir Alex Ferguson (kiri) bersama Zinedine Zidane. (Foto: Fox Sports)

BolaSkor.com - Pada pertengahan 1990-an, Manchester United sejatinya bisa mendatangkan pemain muda yang kemudian menjelma menjadi legenda, Zinedine Zidane. Namun, peluang tersebut terlewatkan karena loyalitas seorang Sir Alex Ferguson.

Menurut mantan Chairman MU, Martin Edwards yang dilansir SkySports, Ferguson sudah mengetahui potensi Zidane dan terus mengikuti perkembangan pemain 22 tahun yang saat itu membela Girondins Bordeaux.

"Ketika Zidane masih di Bordeaux, Les Kershaw, kepala pemantau bakat, meminta saya untuk mendekati Zidane. Saya menyampaikan ini kepada Alex," ujar Edwards.

"Alex bilang, Eric Cantona juga menyebut nama Zidane. Namun Alex merasa Zidane memiliki posisi yang sama dengan Cantona," sambung Edwards.

Saat itu, Ferguson memang sedang berusaha membujuk Cantona untuk kembali ke MU, usai insiden "Tendangan Kungfu" di kandang Crystal Palace 1995 yang berbuntut hukuman delapan bulan. Ferguson meminta Cantona kembali mengikat komitmen usai menjalani hukuman.

"Ferguson merasa, jika kedatangan Zidane akan berpengaruh pada posisi Cantona. Karenanya, dia lebih memilih Cantona," kata Edwards.

Zidane sendiri bergabung dengan Juventus, kemudian Real Madrid dan mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Leave a Comment