Stadion GBLA Tak Bisa Digunakan Saat Piala Presiden 2018, Begini Reaksi Manajemen Persib

Stadion GBLA Tak Bisa Digunakan Saat Piala Presiden 2018, Begini Reaksi Manajemen Persib Stadion Gelora Bandung Lautan Api. (Wikipedia)

BolaSkor.com - Gelaran babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, terancam dipindahkan. Pasalnya, Stadion berkapasitas 38 ribu tersebut akan segera direnovasi oleh pemerintah guna persiapan Asian Games 2018.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto. Menurutnya, larangan penggunaan GBLA berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tak hanya GBLA, namun tahap renovasi juga akan dilakukan untuk empat stadion lainnya seperti Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Patriot Kota Bekasi, Pakansari Kabupaten Bogor, dan Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi.

Maka dari itu, pemerintah tidak memberikan izin penggunaan lima stadion tersebut agar renovasinya selesai tepat waktu. Jika dipaksakan untuk Piala Presiden 2018, maka renovasi GBLA diprediksi akan mundur sekitar satu bulan.

Meski begitu, pihak manajemen Persib mengklaim bahwa izin penggunaan Stadion GBLA sudah didapatkan dari Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Bandung.

“Yang kompeten itu pemerintah Kota Bandung (Dispora), jadi kita sudah ada izin bahwa untuk pembukaan Piala Presiden akan dilaksanakan di GBLA. Selanjutnya nanti saya akan informasikan kemudian," tegas Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono.

Surat izin dari Dispora Kota Bandung itu, lanjut Kuswara, dikeluarkan pada 8 Januari. Manajemen dan Panpel Persib sendiri untuk sementara mengacu kepada surat izin penggunaan stadion GBLA tersebut.

"Kita mengacu kepada surat itu dulu, untuk selanjutnya akan diinformasikan lebih lanjut. Panpel ingin mengupayakan yang lebih baik, supaya penyelenggaraan Piala Presiden bisa berjalan dengan baik dan lancar," ucapnya.

Piala Presiden 2018 sendiri mulai digelar 16 Januari diikuti oleh 20 tim peserta. Ada lima kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu, Bandung, Bali, Malang, Balikpapan, dan Surabaya atau Sidoarjo.

Untuk Bandung masuk dalam Grup A yang diisi Persib sebagai tuan rumah, Sriwijaya FC, PSM Makassar, dan PSMS Medan.

Pembukaan akan digelar di Bandung dengan mempertemukan Persib kontra Sriwijaya FC tepat pukul 15.00 WIB. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Leave a Comment