Stadion Manahan Siap Jadi Venue Indonesia Lawan Islandia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 11 Desember 2017
Stadion Manahan Siap Jadi Venue Indonesia Lawan Islandia
Stadion Manahan, Solo saat menggelar pertandingan. (BolaSkor.com/Nofik Lukman)

BolaSkor.com - Stadion Manahan di Kota Solo siap menjadi tuan rumah laga uji coba antara Indonesia Selection melawan Islandia pada 11 Januari 2018 mendatang. Stadion berkapasitas 24 ribu tempat duduk itu dalam kondisi "bugar" setelah sebulan tanpa pertandingan resmi.

Seperti diketahui, Islandia menggelar tour ke Indonesia. Di Tanah Air, Islandia akan menggelar dua pertandingan. Di mana, Islandia menghadapi Indonesia Selection pada tanggal 11 Januari 2018, dan tiga hari berselang menantang Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Akan tetapi, laga Indonesia Selection kontra Islandia bakal digelar di luar Jakarta. Mengingat, SUGBK dalam tahap renovasi menyambut Asian Games 2018. Ada empat opsi stadion yang dipakai, yakni Stadion Manahan, Stadion Maguwoharjo (Sleman, Yogyakarta), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Stadion Pakansari (Cibinong, Bogor).

"Manahan sudah siap jika nantinya digunakan PSSI untuk pertandingan uji coba internasional. Infrastruktur sangat mendukung. Lapangan juga dirawat setiap hari," Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta, Joni Hari Sumantri saat ditemui Bolaskor.com di ruang kerjanya, Senin (11/12/17) siang.

Laga pekan ke-33 Liga 1 2017 antara Persija Jakarta Vs Persib Bandung digelar di Stadion Manahan. (PT LIB)

Setelah menjalani renovasi drainase lapangan pada 2009 lalu, Stadion Manahan selalu mencatatkan rekor apik saat dipakai uji coba internasional. Belum sekalipun pertandingan dihentikan meski lapangan diguyur hujan deras.

Bahkan menariknya, Timnas Indonesia selalu meraih kemenangan bila main di Solo. Terakhir, Boaz Solossa dan kawan-kawan melibas Malaysia 3-0 pada 6 September 2016. Indonesia juga pernah mengalahkan Filipina 2-0 dan Palestina 4-1.

"PSSI juga pasti akan melakukan survei sebelum memilih Stadion Manahan sebagai venue internasional. Yang pasti kondisi saat ini sudah siap," tukasnya.

Terpisah, Ketua Umum Asosiasi Kota (Askot) PSSI Surakarta, Paulus Haryoto mengaku senang jika memang Solo kembali dipercaya menjadi tuan rumah pertandingan internasional. Terakhir, panitia lokal turut mensukseskan laga klasik antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung, 3 November lalu.

"Surat penunjukkan dari PSSI pusat belum ada. Tapi kalaupun nanti jadi di Solo, tentu kami sudah siap memberikan jamuan terbaik," ucap Paulus.

Selain stadion, Kota Solo juga memiliki beberapa keunggulan dibanding kota lainnya. Stadion Manahan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari stasiun maupun terminal. Sementara jika ke bandara, jarak tempuhnya hanya 10 kilometer. Hotel internasional pun bertebaran disepanjang rute bandara ke stadion. (Laporan Kontributor Nofik Lukman/Solo)

Timnas Indonesia Islandia Stadion manahan
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan