BolaSkor.com - Salah satu legenda Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro akan kembali menjadi bagian tim pada kompetisi musim 2018 ini. Pria yang akrab disapa Bejo ini menjalankan tugas sebagai pelatih Persebaya U-19.

Mantan pelatih Persik Kediri di Liga 2 2017 ini bertanggungjawab membangun pondasi tim yang kuat. Bejo memulai perannya dalam fase pengembangan bibit-bibit muda yang berasal dari kompetisi internal Persebaya.

Ia mengatakan, manajemen sudah memaparkan sejumlah rencana untuk perkembangan tim berjuluk Green Force di masa mendatang. Dia mengaku siap bekerja keras mendukung program manajemen dalam pembinaan usai muda. Meski nantinya lebih banyak berinteraksi di Persebaya U-19, Bejo juga akan memperhatikan jenjang usia lainnya.

“Saya juga akan berbicara dengan pelatih Persebaya (Angel Alfredo Vera) untuk membahas program usia muda. Karena itu muara dari Persebaya U-19 adalah tim senior bahkan Timnas Indonesia. Makanya saya tetap harus melihat jenjang dibawah U-19. Bisa mulai dari U-12, U-15 dan U-17. Semua jenjang tersebut harus sejalan dengan visi misi Persebaya,” kata pria yang semasa bermain berposisi sebagai libero ini.

Sementara itu, presiden klub Persebaya Azrul Ananda menyatakan jika pihaknya bertekad untuk membangun pondasi tim yang kuat. Untuk itu, manajemen berencana melakukan talent scouting atau penjaringan pemain muda berbakat yang langsung di bawah kendali Bejo.

Azrul mengatakan talent scouting akan dilakukan di dalam klub Internal Persebaya. Namun, ia tidak menampik akan ada penjaringan di klub luar Internal Persebaya. Hal ini untuk menjaring bakat-bakat pemain muda yang diproyeksikan menjadi pemain masa depan Bajul Ijo, julukan lain Persebaya.

Pada kesempatan yang sama, manajer Persebaya Chairul Basalamah menambahkan jika pihaknya membuka kesempatan bagi pemain muda. Tetapi, dia meminta pemain mengikuti mekanisme untuk bisa menjadi bagian dari tim. Satu di antaranya adalah usia dan gaya permainan yang ditetapkan Persebaya.

“Kami ingin membuka kesempatan selebar-lebarnya dan semudah-mudahnya untuk jadi pemain Persebaya. Tapi harus tetap mengikuti mekanisme yang ditetapkan,” ucap pria yang akrab disapa Abud ini.(Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)