BolaSkor.com - Penggawa asing di skuat Arema FC bisa jadi bakal berkurang satu personel. Hal itu lantaran Rodrigo Ost Dos Santos dipastikan tidak lolos dalam verifikasi yang dilakukan oleh operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Seperti dikabarkan sebelumnya, Rodrigo Ost wajib menjalani verifikasi karena berstatus pemain asing baru. Status yang berbeda dibanding Arthur Cunha maupun Thiago Furtuoso, yang tidak perlu diverifikasi lantaran sudah bermain di Indonesia sejak tahun lalu.

"Kita sudah mendapatkan surat yang menyebut bahwa Rodrigo Ost Dos Santos tidak lolos verifikasi," kata media officer Arema FC, Sudarmaji.

Jika berpatokan pada regulasi Liga 1 musim lalu, ada dua poin penting pada pasal pemain asing. Pertama strata klub sang pemain sebelumnya yang disesuaikan negara maupun federasi, serta jumlah minimal penampilan yang disyaratkan.

Gelandang serang asal Brasil itu pun tampaknya terganjal persoalan jumlah penampilan. Hal itu karena saat datang ke Arema akhir Desember 2017 lalu, Rodrigo Dos Santos baru satu bulan menjadi pemain baru Moto Club, dan melakukan pembatalan kontrak demi Arema FC.

Sebelum ke klub anggota Seri C Brasil itu, Rodrigo Dos Santos tercatat bermain di Seri D atau kasta keempat Liga Brasil bersama Comercial Esporte Clube.

"Tidak ditemukannya data mengenai menit bermain (caps) Rodrigo di klub terakhirnya (Moto Club). Jadi, bukan persoalan (strata kompetisi) klub terakhir yang menjadi persoalan," jelasnya.

"Manajemen akan segera memanggil Rodrigo dan agennya untuk mendengarkan keterangan lebih lanjut," tutup Sudarmaji. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)