Tak Patuhi Team Order Ducati, Ini Jawaban Lorenzo

Tak Patuhi Team Order Ducati, Ini Jawaban Lorenzo Jorge Lorenzo ada di depan rekan setimnya Andrea Dovizioso di MotoGP Valencia 2017 (Zimbio)

BolaSkor.com - Meski balapan penghabisan MotoGP 2017 di Valencia sudah kelar, namun masih ada polemik yang terus berkembang. Yakni terkait penolakan Jorge Lorenzo mematuhi team order yang diberikan Ducati agar memberikan jalan kepada rekan satu timnya Andrea Dovizioso.

Seperti diketahui Lorenzo dan Dovizioso menghabiskan mayoritas balapan di posisi 4-5. Lorenzo berada di depan Dovi. Situasinya adalah Dovi wajib menang di Valencia untuk mempertahankan peluang merebut gelar juara dunia.

Pada lap 12, Ducati mengirimkan pesan kepada Lorenzo melalui dashboard motornya. Kode tersebut sama seperti di GP Malaysia. Yaitu "suggested engine mapping 8".

Belakangan diketahui bahwa arti pesan itu adalah mundur satu posisi. Adalah rider Pramac Ducati yang mengungkapkan maksud kode rahasia tersebut. Karena dia juga mendapatkan pesan yang sama di GP Malaysia.

Tapi ternyata Lorenzo tak menggubris pesan tersebut. Bahkan sampai berkali-kali pesan itu dikirim, Lorenzo tak kunjung memberi jalan kepada Dovi. Sampai saking frustrasinya, Ducati memasang pesan vulgar menggunakan pitboard. Di sana tergambar tanda panah ke bawah dan angka satu di sampingnya. Maksudnya, mundur satu posisi.

Lorenzo jelas melihatnya tapi tetap acuh. Sampai pada lap 24 Lorenzo mengalami kecelakaan dan gagal meneruskan lomba. Kemudian disusul Dovi yang jatuh di lap berikutnya. Alih-alih bertarung dengan Honda, Ducati malah pulang tanpa poin.

Di akhir lomba Lorenzo menjelaskan alasannya. "Saya merasa lebih cepat dari Dovi di mayoritas bagian lintasan. Jadi saya bermaksud menariknya agar bisa mendekat dengan rombongan di depan. Jika dia punya peluang menyalip Marc (Marquez). Saya pasti akan melepaskannya di saat yang tepat," tukas Lorenzo.

Yang dimaksud Lorenzo adalah teknik slipstream yang biasa dilakukan di ajang balap motor, mobil, atau sepeda. Yakni memecah aliran angin dari depan agar pembalap di belakangnya mendapatkan jalur yang bersih. Namun syaratnya rider di depan harus lebih kencang. Sedangkan dari data Ducati Lorenzo justru menghambat laju Dovi di beberapa tikungan. (Laporan Kontributor Adam Anugerah)

Leave a Comment