Terkuak! Dokumen Rahasia di Balik Megakontrak Lionel Messi

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 17 Januari 2018
Terkuak! Dokumen Rahasia di Balik Megakontrak Lionel Messi
Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Lionel Messi. (FC Barcelona)

BolaSkor.com - Pada 25 November 2017 Barcelona mengumumkan kontrak baru Lionel Messi. Kontrak yang melewati negosiasi panjang ini akan menahan sang bintang hingga 2021. Kontrak lama Messi sendiri akan berakhir 2018.

Belakangan beredar dokumen yang mengungkap bahwa Lionel Messi akan menerima bayaran lebih dari 100 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun per tahun. Ini merupakan bayaran tertinggi di dunia bagi seorang pemain sepak bola saat ini.

Sebagai gambaran, penghasilan setahun klub Bundesliga Werder Bremen musim lalu mencapai 120 juta euro. Dan bayaran Lionel Messi ini nyaris tiga kali lipat yang diterima Cristiano Ronaldo, yang menerima 38,2 juta euro atau Neymar yang dibayar 36,8 juta euro per tahunnya.

Barcelona memang berusaha keras agar Lionel Messi mau bertahan dan meneken kontrak baru. Fans bakal mengamuk jika manajemen klub gagal mempertahankan megabintang karena gagal memperpanjang kontrak. Dan Barcelona memang akhirnya menempuh segalanya untuk kontrak baru ini.

Hal ini terlihat dari dokumen kontrak yang bocor dan dipublikasikan oleh Football Leaks awal pekan ini. Kontrak yang diumumkan pada November ini pun ternyata sudah ditandatangani Messi 30 Juni 2017. Dari kontrak itu juga diketahui nilai yang akan diterima Messi.

Sesuai yang tertera dalam kontrak, Barcelona akan membayar lebih dari 400 juta euro untuk kontrak berdurasi empat tahun. Dari jumlah tersebut, Lionel Messi mendapatkan gaji bersih 50 juta euro per tahun.

Namun, angka di atas baru dari gaji. Messi pun masih akan menerima pendapatan dari hak cipta sebesar 15 persen atau jika diuangkan senilai 71 juta euro. Lionel Messi juga akan mendapat bonus loyalitas sebesar 70 juta euro jika tidak hengkang dari Barcelona sebelum kontrak berakhir.

Total pendapatan Messi per tahun mencapai lebih dari 100 juta euro. Rinciananya 71 juta euro per musim, dikalikan empat musim menjadi 284 juta euro plus 63,5 juta euro bonus kontrak dan 70 juta euro bonus loyalitas. Total dia menerima 417,5 juta euro untuk empat tahun

Tak hanya itu, Lionel Messi juga masih bisa mendapatkan tambahan dari sejumlah bonus. Sebut saja bonus penampilan. Jika Messi tampil 60 persen dari total pertandingan Barcelona, dia akan mendapat bonus sebesar 1,9 juta euro. Bonus 12 juta juga menanti Messi jika dia membawa Barcelona menjuarai Liga Champions. dan bonus lainnya. Total jika semua bonus disambarnya, Messi bisa menerima lebih dari 122 juta euro.

Selain mengejutkan dari sisi nilai, lewat bocoran dokumen rahasia yang didapatkan Football Leaks dan sudah dianalisis oleh European Investigative Collaborations (EIC), kontrak Messi memunculkan pertanyaan terkait praktik bisnis yang terlihat gelap.

Menurut laporan Football Leaks, terdapat ganjalan dalam proses kontrak ini. Dan ini tak lepas dari rekam jejak Lionel Messi dan ayahnya Jorge yang pernah terlibat kasus penggelapan pajak. Messi dan ayahnya terbukti menghindari pajak sebesar 4,1 juta euros dengan menggunakan perusahaan luar negeri untuk menyembunyikan lebih dari 10 juta euro.

Pada 2016 pengadilan memerintahkan Messi dan ayahnya untuk membayar pajak tersebut plus denda dan hukuman kurungan 21 bulan. Namun karena ini adalah kesalahan pertama, hakim tak menerapkan hukuman kurungan.

Dari dokumen, termasuk surat elektronik (email) komunikasi diketahui Messi memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada ayah, kakaknya, Rodrigo dan beberapa pengacara untuk mengurusi keuangan, pajak, termasuk kontrak barunya.

Media Jerman Der Spiegel yang menerima dokumen rahasia langsung menghubungi pihak Messi. "Saya dan anak saya sudah memnuhi semua kewajikan perpajakan," ujar Jorge Messi dalam jawaban tertulisnya kepada Der Spiegel.

Jorge juga menambahkan, semua pembayaran dari Barcelona sudah diumumkan oleh kedua belah pihak. Sementara itu, Rodrigo Messi menjelaskan pihaknya selalu memenuhi permintaan dari pihak berwenang di Spanyol. Rodrigo sendiri bertanggung jawab pada Yayasan Messi, yang disebut-sebut menjadi salah satu penerima uang dari Barcelona, sebagai bagian dari bayaran Messi.

Dokumen-dokumen yang bocor boleh jadi akan menjadi bahan penyelidikan baru dari pihak berwenang. Yang pasti negosiasi yang tak transparan ini bisa saja menjadi masalah di masa mendatang jika memang ada sesuatu yang sengaja ditutupi.

Barcelona Lionel Messi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.104

Bagikan