Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Ditentukan Melalui Rapat Exco AFC

Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Ditentukan Melalui Rapat Exco AFC Logo AFC. (AFC)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI masih menunggu rapat Komite Eksekutif Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC untuk menentukan wakil Indonesia yang bakal berkompetisi di Asia. Rapat tersebut rencananya akan digelar pada 29-30 November di Bangkok.

"Mengenai status itu, PSSI akan berkonsultasi dengan AFC yang akan melakukan rapat komite eksekutif pada 29-30 November di Bangkok. Rapat tersebut untuk melihat kuota tim yang berlaga di kompetisi AFC," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Jika melihat dari kuota untuk Indonesia, sang juara Liga 1, Bhayangkara FC bakal mengikuti Kualifikasi Liga Champions Asia. Sementara itu, Bali United FC (runner-up) dan PSM Makassar (posisi ketiga) akan terjun di Piala AFC.

Namun, atas dasar lisensi AFC sebagai syarat wajib mengikuti kompetisi Asia, jatah Kualifikasi Liga Champions Asia menjadi milik Bali United FC. Sedangkan jatah Piala AFC jadi milik Persija Jakarta (posisi keempat) dan Madura United FC (posisi kelima).

Pasalnya, Bhayangkara FC dan PSM gagal lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC. Bali United, Persija, dan Madura United mendapat lisensi AFC dengan syarat. Namun, apabila ketiganya tidak memenuhi kekeliruan berkas kriteria level B (penunjang) dalam batas waktu hingga Januari 2018, maka lisensi AFC yang dimiliki Persija dkk. bakal dicabut.

Leave a Comment