Wawancara Eksklusif Rendi Irwan: Persiapan Persebaya dan Pesan Haru untuk Bonek

Wawancara Eksklusif Rendi Irwan: Persiapan Persebaya dan Pesan Haru untuk Bonek Rendi Irwan Saputra saat berlatih bersama Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya mencatatkan hasil kurang memuaskan di tiga laga terakhir babak 16 besar Liga 2. Tergabung di Grup C, Persebaya harus puas menjadi runner-up grup untuk lolos ke babak 8 besar. Mereka kalah bersaing dengan Kalteng Putra FC yang memuncaki klasemen Grup C.

Persebaya meraih hasil imbang dua kali melawan Persigo Semeru FC dan PSBS Biak. Green Force gagal menjadi juara grup lantaran takluk 0-1 dari Kalteng Putra di Stadion Gelora Bung Tomo, 12 Oktober lalu. Kekalahan itu adalah yang pertama sejak Persebaya diarsiteki Angel Alfredo Vera.

Kekalahan terakhir kali Persebaya terjadi di kandang Martapura FC dalam laga penyisihan Liga 2 di Stadion Demang Lehman, 30 April 2017. Saat itu, tim pujaan Bonek ini masih dilatih Iwan Setiawan.

Hasil minor itulah yang kini tengah ditebus oleh Persebaya di babak 8 besar. Tim asal Kota Pahlawan ini tergabung di Grup Y bersama PSIS Semarang, PSPS Riau, dan PS Mojokerto Putra.

Lantas bagaimana persiapan Persebaya menghadapi fase grup ini. Berikut petikan wawancara BolaSkor.com dengan kapten tim Persebaya, Rendi Irwan Saputra.

Apa target Persebaya di Liga 2 musim ini?

Tentu kami ingin membawa Persebaya lolos ke Liga 1. Kami fokus ke babak delapan besar Liga 2 terlebih dulu. Yang terpenting adalah membawa Persebaya lolos semifinal dulu. Begitu lolos semifinal, fokus dialihkan untuk lolos final sekaligus mengamankan tiket promosi ke Liga 1.

Mengacu hasil Persebaya di tiga laga terakhir babak 16 besar, apa sudah ada perbaikan?

Semua pasti kecewa. Pemain, pelatih, ofisial dan manajemen. Termasuk Bonek tentu. Karena kami hanya meraih dua poin dari tiga laga terakhir. Tapi, kami telah berbenah menyambut babak 8 besar. Pelatih telah mengevaluasi performa kami.

Semua dibenahi. Mulai dari pertahanan, penyerangan hingga transisi permainan. Tak hanya itu, taktik dan mental juga menjadi perhatian tim pelatih. Kami akan fokus demi memenuhi impian bersama-sama lolos ke Liga 1.

Seperti apa persiapan Persebaya melakoni babak 8 besar?

Persiapan kami normal-normal saja. Latihan, uji coba dan materi di dalam ruangan. Ada juga doa bersama di Wisma Eri Irianto, Karanggayam, Surabaya, Selasa, (07/11/17) lalu. Kami meminta restu agar Persebaya dapat dilancarkan jalannya di babak 8 besar.

Ada program khusus untuk pemain Persebaya?

Ada. Tapi, saya tidak bisa sampaikan ke publik. Yang jelas, kami menjalankan program latihan yang disusun pelatih dengan serius.

Apa pendapat Anda soal pembagian grup Persebaya di babak 8 besar?

Semua tim pasti kuat karena mereka telah mencapai fase 8 besar. Yang pasti, saya dan rekan-rekan yang lain optimistis, jika kami punya peluang besar untuk meraih prestasi tertinggi pada kompetisi Liga 2 ini.

Dari empat tim di Grup Y, bagaimana peluang Persebaya melaju ke semifinal?

Semua tim memiliki kesempatan yang sama untuk ke semifinal. Kami pun juga punya peluang tersebut. Kami akan kerja keras di lapangan untuk bisa meraih tiga poin di setiap pertandingan. Kami tidak boleh lengah sedikit pun.

Apa ada tim yang diwaspadai oleh Persebaya?

Tiga-tiganya, mas. Kami tidak terfokus pada satu atau dua tim saja. Kami bertekad menyelesaikan satu persatu laga yang ada di depan mata. Artinya, kami harus melihat laga pertama melawan PSIS Semarang. Jika bisa mengalahkan PSIS, maka fokus berikutnya adalah PSPS Riau serta PS Mojokerto Putra.

Bagi kami, setiap laga adalah partai final. Kami akan melaju bertahap meraih tiga angka hingga ke semifinal. Kalau tiket semifinal sudah di tangan, saya yakin jalan ke Liga 1 akan semakin lapang.

Persebaya mempunyai pendukung yang sangat fanatik. Apa pendapat Rendi soal Bonek yang selalu mendampingi tim pujaannya?

Tentu saja bangga dengan pengorbanan Bonek yang rela membela tim kebanggaannya. Mereka sangat luar biasa, rela bela-belain jauh dari keluarga dan tidak bekerja untuk mendukung Persebaya. Dengan kehadiran Bonek, kami para pemain mendapatkan tambahan semangat bertanding. Karena melihat semangat dari Bonek yang tinggi untuk hadir di stadion.

Pesan saya untuk Bonek, yakni jaga diri, jaga hati untuk nama besar Persebaya. Juga yang terpenting hati-hati di jalan. Semoga dukungan dan doa kalian menyertai kita di babak delapan besar, hingga Persebaya ke final nantinya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Leave a Comment