Wawancara Pelatih PSIS: Blak-blakan soal Kunci Sukses Tahan PSPS dan Persiapan di Semifinal Liga 2

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 23 November 2017
Wawancara Pelatih PSIS: Blak-blakan soal Kunci Sukses Tahan PSPS dan Persiapan di Semifinal Liga 2
Pelatih PSIS Semarang, Subangkit. (BolaSkor.com/Joko Toro)

BolaSkor.com - PSIS Semarang menjadi salah satu dari empat tim yang melaju ke babak semifinal Liga 2. Tim Berjuluk Mahesa Jenar itu maju ke semifinal Liga 2 setelah menjadi runner-up Grup Y babak 8 besar.

PSIS mengoleksi empat angka dari tiga laga, atau unggul produktivitas gol dari PSPS Riau. Anak-anak asuhan Subangkit menemani Persebaya Surabaya yang keluar sebagai juara Grup Y.

Di semifinal, PSIS bertemu PSMS Medan yang keluar sebagai juara Grup X. Lalu Persebaya menantang Martapura FC sebagai runner-up Grup X. Kedua pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, 25 November mendatang.

Pelatih PSIS, Subangkit merasa optimistis menghadapi laga semifinal. Meskipun kontestan Grup Y memiliki waktu yang lebih sedikit untuk recovery. Grup Y hanya memiliki waktu tiga hari, sementara Grup X memiliki waktu 8 hari.

Dalam kesempatannya, Subangkit buka suara secara blak-blakan soal kunci sukses dalam strategi yang dijalankannya saat menahan imbang PSPS, sehingga bisa lolos ke semifinal. Berikut kutipan wawancara Subangkit dengan BolaSkor.com:

Apakah yang ditekankan kepada pemain pada pertandingan terakhir lawan PSPS Riau, yang memiliki pemain berpengalaman Herman Dzumafo?

Alhamdullilah bisa melaju ke babak berikutnya. Semua pemain sudah mengetahui Herman Dzumafo. Dia berumur tapi akurasinya masih bagus dan beberapa pemain saya intruksikan untuk terus menjaga dia di babak pertama.

Setelah sukses meredam pergerakan Herman Dzumafo, apakah ada lagi taktik dan strategi selain itu?

Saya juga perintahkan untuk melakukan pressure dan menahan laju bola dari Victor Pae yang berada di bek sayap. Biasanya dia bermain gelandang. Distribusi bolanya dia cukup baik dari belakang dan depan. Selain itu, dia juga pemain sangat disiplin dan terus bermain ngotot selama pertandingan ini. Pertandingan ini cukup keras dan beberapa pemain PSPS bermain kasar.

Apakah yang akan dipersiapkan untuk babak semifinal dan final untuk pasukan anda?

Tentu taktik dan strategi harus lebih dimantapkan di babak semifinal besok. Pemain diliburkan sehari tidak latihan, Rabu (22/11/17). Setelah itu berlatih lagi, dan kami akan lakukan evaluasi di beberapa lini yang harus dibenahi. Perjuangan tinggal sedikit lagi dan saya harapkan pemain terus semangat.

Bagaimana mengenai waktu recovery bagi tim Grup Y yang terlalu pendek, mengingat partai semifinal akan diputar Sabtu (25/11/17) lusa?

Mau bagaimana lagi kondisinya seperti ini. Memang kesempatan recovery tim Grup Y cukup sedikit, tidak seperti di Grup X. Tapi bagi saya hal itu tidak masalah, karena waktu recovery 2x 24 jam bagi pemain sudah pulih dan fresh lagi. Tinggal menambah waktu istirahat yang cukup dan asupan makanan harus bergizi kepada pemain. (Laporan Kontributor Joko Toro/Semarang)

Subangkit PSIS Semarang Liga 2
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan