BolaSkor.com - Arsenal menjadi juara Piala FA setelah mengalahkan Chelsea di laga puncak. Ada beberapa catatan menarik yang tercipta pada pertandingan tersebut.

Chelsea unggul terlebih dahulu ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Christian Pulisic mengecoh penggawa Arsenal sebelum melepaskan tembakan.

Pada menit ke-28, Arsenal menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat penalti Pierre-Emerick Aubameyang. Penalti tersebut diberikan setelah Cesar Azpilicueta menjatuhkan Aubameyang.

Baca Juga:

Theo Walcott Ungkap Arti penting Trofi Piala FA bagi Pemain Inggris

Arti Penting Trofi Piala FA untuk Arsenal yang Patah Hati

Chelsea 1-2 Arsenal: The Gunners Pertegas Status Raja Piala FA

Arsenal

Arsenal berbalik unggul setelah Aubameyang mencetak gol keduanya pada menit ke-67. Aubameyang memanfaatkan umpan Nicolas Pepe.

Hingga akhir pertandingan, Arsenal mempertahankan keunggulan 2-1. Chelsea yang ingin bangkit kesulitan karena Mateo Kovacic menerima kartu merah pada menit ke-73.

Usai pertandingan, ada beberapa fakta menarik yang terukir. Berikut 10 di antaranya:

1. Mikel Arteta adalah manajer Arsenal pertama yang meraih gelar pada musim debut sejak George Graham pada musim 1986-1987.

2. Mikel Arteta adalah orang pertama yang memenangi Piala FA bersama Arsenal sebagai kapten sekaligus manajer.

3. Arsenal meraih gelar Piala FA untuk ke-14 kalinya. Itu merupakan gelar terbanyak hingga saat ini. Arsenal juga merupakan tim pertama yang mengalahkan lawan yang sama pada tiga kesempatan di final Piala FA.

4. Mateo Kovacic adalah pemain keenam yang mendapatkan kartu merah pada laga final Piala FA. Dua terakhir dari enam pemain tersebut adalah penggawa Chelsea (Victor Moses Vs Arsenal pada 2017).

Arsenal

5. Tak termasuk laga kandang, Aubameyang adalah pemain kelima yang mencetak minimal dua gol dalam pertandingan di Stadion Wembley lebih dari satu kali. Ia menyusul Ian Wright, Bryan Robson, Ian Rush, dan Eric Cantona.

6. Sejak debut untuk Arsenal pada Februari 2018, Aubameyang mencetak gol lebih banyak dari pemain Premier League lainnya (69, satu gol lebih banyak dari Mohamed Salah).

7. Aubameyang (31 tahun dan 44 hari) adalah pemain tertua yang mencetak gol untuk Arsenal di final Piala FA sejak Bob John (33 tahun dan 80 hari) melakukannya pada 1932.

8. Christian Pulisic adalah pemain Amerika Serikat pertama yang mencetak gol di final Piala FA.

9. Willy Caballero adalah pemain tertua yang bermain untuk Chelsea di final Piala FA (38 tahun dan 308 hari).

10. Aubameyang merupakan pemain Afrika pertama yang berlaga di final Piala FA dengan jabatan sebagai kapten tim.