BolaSkor.com - Duel sengit tersaji saat Liverpool menjamu Leeds United pada laga perdana Premier League 2020-2021 di Anfield, Sabtu (13/9). Kedua tim terlibat aksi kejar-mengejar gol dalam laga yang berakhir 4-3 untuk kemenangan tuan rumah.

Kedua tim langsung menerapkan pressing tinggi sejak awal laga. Hal itu membuat tempo tinggi tersaji nyaris sepanjang pertandingan.

Liverpool yang mengandalkan skuat musim lalu membuka keunggulan pada menit ketiga lewat penalti Mohamed Salah. Namun Leeds mampu membalas lewat aksi individu Jack Harison delapan menit berselang.

Baca Juga:

Liverpool 4-3 Leeds United: The Reds Menangi Duel Pressing Berkat Hat-trick Mohamed Salah

Aksi SJW Marcus Rashford Bikin Trent Alexander-Arnold Angkat Topi

Jurgen Klopp Bertekad Tunjukkan Keangkeran Anfield kepada Marcelo Bielsa

Mohamed Salah

Virgil van Dijk mengembalikan keunggulan Liverpool lewat sundulan pada menit ke-20. Sayang, bek berkebangsaan Belanda itu kemudian melakukan sebuah blunder yang membuat Leeds kembali menyamakan kedudukan lewat Patrick Bamford.

Liverpool menutup babak pertama dengan skor 3-2 setelah Mohamed Salah mencetak gol keduanya pada menit ke-33. Ia melepaskan sebuah tembakan keras dari kotak penalti.

Kejar-mengejar gol kembali tersaji di paruh kedua. Leeds yang tak pantang menyerah mampu menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-66 lewat gol Mateusz Klich.

Skor 3-3 nampak akan menjadi akhir laga karena kedua tim tak kunjung mencetak gol lagi hingga waktu normal akan berakhir. Pada momen inilah Salah tampil sebagai pahlawan.

Ia mencetak hat-trick sekaligus gol kemenangan Liverpool pada menit ke-88 lewat titik penalti lagi. Kali ini hadiah tersebut diberikan wasit setelah Fabinho dilanggar di kotak terlarang.

Skor 4-3 bertahan hingga laga usai. Liverpool mengawali perjalanannya untuk mempertahankan gelar juara Premier League dengan kemenangan.

Sejumlah fakta menarik tercipta dalam pertandingan Liverpool kontra Leeds tersebut. Berikut 10 di antaranya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kemenangan atas Leeds United memperpanjang rekor tak terkalahkan Liverpool di Anfield pada ajang Premier League. Belum ada tim yang mampu membawa pulang tiga poin dalam 60 laga terakhir dari sini sejak April 2017.


2. Laga Liverpool kontra Leeds United menjadi yang kedua sepanjang sejarah pekan perdana Premier League dimana lima gol tercipta pada babak pertama. Sebelumnya, hal seperti ini terjadi saat Manchester United mengalahkan Fulham dengan skor 5-1 (4-1 di babak pertama) pada Agustus 2006.


3. Mohamed Salah membukukan hat-trick ketiganya di ajang Premier League saat Liverpool mengalahkan Leeds United. Jumlah tersebut menjadikannya pemain asal benua Afrika terbanyak kedua di bawah Ayegbeni Yakubu dengan torehan empat hat-trick di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.


4. Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak hat-trick di laga pembuka liga domestik setelah John Aldridge pada musim 1988-1989.


5. Liverpool kini telah memenangi 35 laga Premier League terakhir dengan Mohamed Salah sebagai pencetak gol. Jumlah tersebut melewati rekor Manchester United dengan 34 kemenangan beruntun saat Wayne Rooney mencetak gol pada periode September 2008 hingga Februari 2011.


6. Mohamed Salah kini telah mencetak 50 gol dari 63 laga kandang Premier League. Hanya Alan Shearer yang mampu menorehkan jumlah gol yang sama dengan pertandingan lebih sedikit yaitu 47 laga.


7. Ini pertama kalinya dalam sejarah Premier League Liverpool kebobolan tiga gol atau lebih secara beruntun di Anfield. Pada laga kandang terakhir mereka musim lalu, The Reds juga kebobolan tiga gol saat menang 5-3 atas Chelsea.


8. Dalam lima musim terakhir, Leeds menjadi tim kedua di luar The Big Six yang mampu mencatatkan penguasaan bola lebih dari 50 persen saat menghadapi Liverpool di Anfield. Klub sebelumnya yang mampu melakukan hal ntersebut adalah Brighton & Hove lbion pada musim lalu.


9. Leeds mengikuti jejak Hull City sebagai tim promosi yang mencetak tiga gol ke gawang juara bertahan Premier League. Hull City melakukan hal tersebut ke gawang Manchester United pada November 2008 dalam laga yang berakhir dengan skor 3-4 untuk Setan Merah.


10. Dalam lima musim terakhir juga, Leeds menjadi klub yang paling banyak melakukan tekel saat berhadapan dengan Liverpool. Tim asuhan Marcelo Bielsa itu total membuat 33 tekel pada laga tadi.