BolaSkor.com - Balapan MotoGP Austria akan digelar Minggu, 15/8) mulai pukul 19.00 WIB. Rookie sensasional Jorge Martin untuk kedua kalinya secara beruntun meraih posisi start terdepan.

Martin mencatatkan waktu tercepat 1:22,643 pada babak kualifikasi. Dia memperbaiki rekor yang dia pegang saat meraih pole MotoGP Styria pekan lalu.

Pada pekan lau, Martin mampu menyempurnakan start terdepan dengan finis pertama.

Baca Juga:

Masalah Vinales Jadi Pelajaran Sebagian Pembalap MotoGP

Marc Marquez Alihkan Fokus ke MotoGP 2022

Berikut beberapa fakta jelang balapan MotoGP Austria 2021.

1. Pole position di MotoGP Austria merupakan yang ketiga yang dicapai Jorge Martin musim ini. Sebelumnya dia pole position di MotoGP Styria dan Qatar.

2. Pada awal akhir pekan MotoGP Austria, Johann Zarco dan Fabio Quartararo sempat mengalahkan rekor Martin di Styria. Namun itu tak berlangsung lama karena Martin kembali mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor lap di Spielberg.

3. Martin menjadi pembalap ketiga yang mampu merebut pole setelah melewatkan Q1, bersama Marc Marquez (Thailand 2018) dan Maverick Vinales (Valencia 2018).

4. Martin menjadi rookie pertama yang merebut tiga posisi start terdepan dalam tujuh balapan pertamanya di MotoGP sejak Jorge Lorenzo pada 2008.

5. Para pembalap Ducati tercatat telah memenangi enam dari tujuh balapan MotoGP yang digelar di Red Bull Ring sejak trek Austria itu masuk lagi kalender pada 2016. Andrea Dovizioso (3 kali), Andrea Iannone (1), Jorge Lorenzo (1), dan Jorge Martin (1).

6. Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha finis kedua dalam kualifikasi untuk mengamankan posisi start dari baris terdepan ke-32 kalinya dalam 44 penampilannya di MotoGP.

7. Pada 31 start baris terdepan sebelumnya, Quartararo mampu finis di podium 16 kali, termasuk enam dari tujuh kemenangannya.

8. Pembalap tim Ducati Francesco Bagnaia yang finis P11 pekan lalu akan mengawali balapan dari P3 untuk posisi start terdepan ketiga kalinya musim ini dan untuk pertama kalinya dalam tiga balapan beruntun di MotoGP.

9. Johann Zarco mengamankan posisi start dari dua baris terdepan untuk ke-11 kali secara beruntun.

10. Marc Marquez finis P5 di kualifikasi sebagai pembalap Honda teratas, menyamai capaian terbaiknya sejak kembali membalap dari cedera di Portugal.