BolaSkor.com - FC Barcelona telah berhasil mengamankan servis bek kiri berusia 22 tahun, Junior Firpo, dari Real Betis. Blaugrana membelinya sebesar 18 juta euro plus 12 juta euro dengan variabel lainnya. Firpo dikontrak selama lima tahun (hingga 2024).

Barcelona memberinya klausul pembelian sebesar 200 juta euro dan akan mengenakan nomor punggung 24. Firpo akan jadi pesaing kompetitif sekaligus pelapis bagi bek kiri utama Barcelona, Jordi Alba, yang sudah berumur 30 tahun.

Tim asal Catalunya itu kini memiliki kedalaman skuat yang lebih baik, khususnya di sektor kiri pertahanan. Pasalnya, sejak Lucas Digne hengkang ke Everton pada 2018, Barcelona tak punya bek kiri yang mumpuni selain Alba.

Nilai plus dari Firpo adalah kemampuannya bermain sebagai bek sayap kiri atau gelandang sayap kiri selain bek kiri. Kecepatan, usia muda, dan ketepatannya mengambil keputusan menjadi kemampuan spesial dari Firpo.

Baca Juga:

Perkuat Bek Kanan, Barcelona Promosikan Lulusan La Masia ke Tim Utama

Hanya Semusim, Petualangan Malcom di Barcelona Berakhir

Rangkuman Transfer: Moise Kean ke Everton, Milan Boyong Bennacer, Barca Rekrut Bek Kiri Baru

Junior Firpo

"Tinggi badan, kecepatan, dan presisi menjadikannya salah satu bek kiri yang menjanjikan di sepak bola Eropa. Salah satu talenta muda yang bersinar terang selama beberapa tahun terakhir di liga, Junior benar-benar merepotkan pertahanan rival," demikian pernyataan di laman resmi Barcelona.

"Kecepatannya yang tinggi dan kemampuan menjelajah lapangan tanpa kenal lelah bisa membantunya kembali dalam posisi bertahan dengan cepat (ketika menghadapi serangan balik). Sebagai tambahan, dia nyaman dengan penguasaan bola dan bekerja sama baik dengan rekan setimnya."

Tidak banyak yang mengetahui informasi dari pemain kelahiran Republik Dominika, namun membela timnas Spanyol U-21 itu. Dikulik dari laman resmi Barcelona, berikut ke-10 fakta-fakta menarik mengenai Junior Firpo:

Junior Firpo

1. Firpo pemain pertama kelahiran Republik Dominika yang bergabung dengan Barcelona. Dia juga jadi pesepakbola pertama Republik Dominika yang bermain di LaLiga. Ketika pemain lainnya yang pernah bermain di LaLiga hanya keturunan Republik Dominika, bukan lahir di sana.

2. Kendati lahir di Republik Dominika, Firpo membela timnas Spanyol dan menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun ini.

3. Pada awalnya, Firpo bukan bek kiri melainkan penyerang sayap.

4. Firpo bermain di Malaga pada usia enam tahun dan telah bermain untuk tim-tim lokal berbeda seperti Atletico Benamiel, Tiro Pichon, dan Puerto Malagueno.

5. Empat bulan silam, anak pertama dan satu-satunya putri Firpo lahir: Jannet.

6. Gaji pertamanya sebagai pesepakbola profesional digunakan untuk membuat surat izin mengemudi (SIM) mobil.

7. Satu-satunya laga Firpo melawan Barcelona terjadi musim lalu. Betis menang 4-3 dan Firpo memberi assist untuk gol Sergio Canales di Camp Nou.

8. Firpo jadi pemain ke-25 yang pernah berseragam Betis dan Barcelona. Beberapa nama lainnya semisal: Ramon Maria Caldere, Sanchez Jara, Jose Manuel Pinto, Sergio Garcia, Damia Abella, Marc Bartra, Martin Montoya, dan Cristian Tello.

9. Tahun kelahiran Firpo, 1996, sama dengan pemain Barca lainnya: Arthur.

10. Firpo bukan sekedar bermain sepak bola, dia juga pernah bermain basket dan baseball di Republik Dominika.