10 Fakta yang Jarang Diketahui dari 116 Tahun Berdirinya Chelsea

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 11 Maret 2021
10 Fakta yang Jarang Diketahui dari 116 Tahun Berdirinya Chelsea

BolaSkor.com - Pada 10 Maret 1905, beberapa orang berkumpul di The Rising Sun Pub yang terletak di Fulham Road dan kemudian terbentuklah Chelsea Football Club.

Karena nama Fulham sudah terlebih dulu ada, nama Metropolitan Borough of Chelsea kemudian terpilih. Nama yang mengalahkan London FC, Kensington FC, dan Stamford Bridge FC. Baju biru, celana putih, dan kaus kaki biru dipilih sebagai warna tim.

Perjalanan Chelsea di kancah persepakbolaan tidaklah mulus. Mereka ditolak masuk Southern League karena adanya keberatan dari Fulham dan Tottenham Hotspur. Alhasil The Blues memilih mendaftar ke Football League. Sejak saat itu, sejarah Chelsea dimulai.

Baca Juga:

Eksperimen Tuchel Bikin Kai Havertz Tokcer

Bersama Tuchel, Chelsea Belum Ternoda di Stamford Bridge

Kini lebih dari sembilan dekade Chelsea berkiprah di kompetisi kasta tertinggi di Inggris. Sepanjang perjalanannya, mereka mampu empat kali menjadi kampiun.

Berikut 10 fakta dari 116 tahun berdirinya Chelsea.

1. John Robertson merupakan manajer pertama Chelsea pada 1905. Dia adalah manajer yang merangkap sebagai pemain, yang mampu mencetak tujuh gol dalam 36 penampilan.

2. Dalam laga resmi perdana, Chelsea menelan kekalahan 0-1 saat melawan Stockport County, di Divisi Dua pada 1 September 1905.

3. Pada laga kandang perdana, Chelsea mampu meraih kemenangan. Mereka membekap Liverpool 4-0, 4 September 1905.

4. Chelsea, bersama Arsenal, merupakan klub pertama yang bermain menggunakan nomor di punggung pemain. Yaitu pada 25 Agustus 1928 saat melawan Swansea City.

5. Chelsea merupakan klub Inggris pertama yang lolos ke UEFA European Cup (saat ini Liga Champions), setelah menjuarai Divisi Satu 1954-55.

6. Pada 1930, Chelsea muncul dalam salah satu film pertama yang bertemakan sepak bola. Film The Great Game dibintangi mantan penyerang Jack Cock dan beberapa adegan dilakukan di Stamford Bridge, termasuk lapangan, ruang direksi, dan ruang ganti pemain. Para pemain Chelsea juga ikut muncul dalam film.

7. Chelsea menjadi klub Inggris pertama yang menampilkan 11 starter pemain asing. Ini terjadi saat Chelsea menghadapi Southampton pada Desember 1999.

8. Chelsea merupakan klub pertama yang mencetak 100 gol dalam satu musim di Premier League, pada musim 2009-10.

9. Pada 2012 Chelsea menjadi klub asal London pertama yang menjadi juara Liga Champions.

10 Chelsea bermarkas di Stamford Bridge sejak klub berdiri. Menjadikan Stamford Bridge sebagai stadion tertua di Premier League.

Trivia Sepak Bola Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.963

Bagikan