10 Klub Liga 1 Dapat Lisensi Klub Profesional AFC, Arema, Persib, dan Persija Sempurna

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 23 Oktober 2018
10 Klub Liga 1 Dapat Lisensi Klub Profesional AFC, Arema, Persib, dan Persija Sempurna
Partai Persija Jakarta Vs Persib Bandung. (LIB)

BolaSkor.com - Total sepuluh dari 18 klub Liga 1 2018 mendapat lisensi klub profesional AFC. Tiga klub telah sempurna karena mendapat lisensi tanpa catatan penting.

Ketiga klub tersebut yakni Arema FC, Persib Bandung, dan Persija Jakarta. Hal ini seperti disampaikan Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigor Shalom Boboy.

Tigor menjelaskan bahwa proses untuk mendapat lisensi klub profesional AFC sudah dimulai sejak April 2018. Sebanyak 18 klub mengikuti, termasuk dengan memasukkan dokuman melalui AFC CLAS (Club Licensing Administration System).

"Semua dokumen masuk lewat sistem, bukan manual ke departemen klub lisensi. Ada perpanjangan waktu, karena melihat adanya potensi beberapa klub memeroleh lisensi," kata Tigor.

"Pada 15 Oktober, Komite Lisensi sudah memutuskan dan memberikan hasil ke seluruh klub. Ada tiga klub yang dalam posisi granted, yaitu Arema, Persib, dan Persija. Jadi per 15 Oktober tiga klub termasuk Persib sudah mendapat lisensi," sambung Tigor.

Tigor menambahkan bahwa empat klub lain per 15 Oktober mendapat lisensi dengan catatan. Keempat klub itu yakni Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persipura Jayapura. Mereka sudah memenuhi 33 kriteria A, tapi belum dengan kriteria B. "Artinya ada tujuh klub mendapat lisensi."

Tiga klub lain mendapat lisensi setelah melakukan banding yang diberi waktu sampai 18 Oktober. Ketiga klub tersebut PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera.

Selain ketiga klub tersebut, Persib Bandung juga mengajukan banding ke Komite Banding Lisensi. "Khusus Persib, penjelasan yang kami sampaikan, bahwa mereka tidak berpengaruh hasil lisensi yang diperoleh. Mereka ingin melengkapi kriteria C."

"Banding Persib berbeda dengan tiga klub yaitu PSM, Madura United, dan Barito Putera. Apapun, Persib banding atau tidak, tidak memengaruhi lisensi yang diterima. Persib sempurna di 33 kriteria A, 8 kriteria B dan itu sudah dipenuhi."

"Kami di departemen tidak bisa sampaikan kekurangan karena aturannya itu. Kriteria C itu sebenarnya tidak wajib. Bisa ditanyakan langsung karena klub langsung bisa menyampaikan," jelas Tigor Shalom Boboy.

Breaking News Liga 1 Arema FC Persib Bandung Persija jakarta Afc
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan