10 Klub Termahal Dunia, Tidak Ada Tim Italia

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 19 Juli 2020
10 Klub Termahal Dunia, Tidak Ada Tim Italia
Real Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - KPMG merilis data 10 klub paling mahal atau bernilai di dunia melalui Football Benchmark. Perhitungan itu dinilai berdasarkan Enterprise Value (EV) dan uniknya tak ada klub Italia di dalamnya.

EV adalah nilai pasar dari kekayaan pemilik klub ditambah total hutang, nilai finansial yang dimiliki klub dari cara mereka mengoperasikan klub. Data itu diambil sebelum pandemi virus corona mewabah di dunia.

Kendati demikian daftar klub-klub paling mahal di dunia itu bisa jadi pembelajaran untuk melihat situasi dan kondisi mereka tahun depan, ketika situasi pandemi virus corona juga memberikan dampak besar kepada klub-klub Eropa.

Baca Juga:

Zinedine Zidane Dukung Karim Benzema Kalahkan Lionel Messi dalam Perburuan Gelar Pichichi

Zinedine Zidane Emoh Mendapatkan Julukan Special One

Lolos ke Final, Arsenal Lewati Manchester United dan Ukir Rekor di Piala FA

"(Hasil studi) akan krusial untuk menjadi tolok ukur untuk membandingkan nilai-nilai dan tren di tahun depan, untuk melihat dampak sesungguhnya dari pandemi," tutur Andrea Sartori, Kepala Global KPMG.

Berikut ke-10 klub yang saat ini menempati daftar klub termahal dunia versi KPMG:

1. Real Madrid - 3,4 Miliar Euro

Real Madrid

Berkat tiga titel Liga Champions yang diraih pada era Zinedine Zidane Real Madrid berada di urutan teratas klub termahal dunia. Nilai El Real sebesar 3,4 miliar euro dan terjadi 41 persen peningkatan dari pendapatan komersil setahun.

2. Manchester United - 3,3 Miliar Euro

Manchester United

Manchester United masih berada di tiga besar klub termahal dunia. Red Devils menempati urutan dua dengan nilai 3,3 miliar euro. Kuatnya finansial tim peraih 20 titel Premier League karena brand mereka yang mendunia, plus klub tahu cara mendapatkan keuntungan dari penjualan merchandise setiap tahunnya.

3. Barcelona - 3,1 Miliar Euro

Barcelona

Blaugrana punya nilai 3,1 miliar euro dan mengalami peningkatan keuntungan setahun hingga 50 persen. Aktivitas komersil dengan perpanjangan kerja sama dengan sponsor juga berpengaruh dalam peningkatan tersebut.

4. Bayern Munchen - 2,8 Miliar Euro

Bayern Munchen

Keberadaan Bayern Munchen di lima besar sedianya bukan hal yang aneh lagi. Klub dengan status juara Bundesliga delapan kali beruntun, tim kuat di Eropa dengan brand yang juga terkenal di seluruh dunia. Bayern Munchen punya nilai 2,8 miliar euro.

5. Liverpool - 2,6 Miliar Euro

Liverpool

Juara baru Premier League dan juara Liga Champions musim lalu ada di urutan lima dengan nilai 2,6 miliar euro. Sejak 2016 Liverpool memiliki pendapatan besar setiap tahunnya dan menambahkan kurang lebihnya 1,3 miliar euro kepada nilai klub.

6. Manchester City - 2,6 Miliar Euro
7. Chelsea - 2,2 Miliar Euro
8. Tottenham Hotspur - 2 Miliar Euro
9. Paris Saint-Germain - 1,9 Miliar Euro
10. Arsenal - 1,8 Miliar Euro

Breaking News Trivia Sepak Bola Real Madrid Manchester United Barcelona Bayern Bayern munchen Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan